Jam Gadang Dipadati Pengunjung


Sabtu, 02 Januari 2016 - 06:26:58 WIB
Jam Gadang Dipadati Pengunjung SUASANA malam pergantian tahun di Bukittinggi dipusatkan di Jam Gadang. (HASWANDI)

Namun para pengunjung tak bisa leluasa meng­eks­presikan kegembiraannya saat pergantian tahun baru, selain hanya berdiri dan duduk manis sambil me­ngabadikan keindahan Jam Gadang yang penuh warna-warni dan terang benderang yang berasal dari percikan api kembang api.

Lautan manusia yang me­madati Jam Gadang juga mem­buat pengunjung tak bisa bergerak melangkah. Bahkan setelah pesta kembang api usai, beberapa pe­ngunjung tampak diangkut menu­ju posko kesehatan, karena me­nga­lami sesak nafas dan pingsan. Belum diketahui berapa jumlah pengunjung yang mendapat pera­watan tim medis.

Semenjak Kamis 31 De­sem­ber 2015 sore, kawasan Jam Gadang mulai dipadati pengun­jung. Bahkan polisi mulai menu­tup seluruh akses jalan menuju Jam Gadang dari segala jenis kendaraan (kecuali armada pe­ma­dam kebakaran, ambulance dan armada hotel), untuk meng­hin­dari kepadatan kendaraan.

Sekitar pukul 19.30 WIB, belasan ribu pengunjung telah berada di kawasan Jam Gadang. Bahkan diantara pengunjung itu ada yang sengaja membawa bekal dan tikar untuk duduk. Banyak pengunjung yang berasalan, jika tiba setelah pukul 20.00 WIB, maka tidak akan kebagian tempat duduk dan akan berjuang keras dalam lautan manusia untuk memasuki kawasan Jam Gadang.

Sementara untuk pesta kem­bang api sendiri mulai tak henti menerangi langit Jam Gadang sekitar pukul 23.45 WIB hingga pukul 00.10 WIB. Tidak ada yang mengakomodir pesta kem­bang api tersebut. Ratusan atau ribuan kembang api itu berasal dari para pengunjung yang secara serempak mengarahkan ke langit Jam Gadang.

Gunung Marapi Aman

Petugas Pos Pengamatan Gu­nung Api (PGA) Gunung Api Marapi Sumbar, Warseno, me­mas­tikan tidak adanya letusan Gunung Marapi saat malam Tahun Baru 2016 tadi malam. Secara visual, Gunung Marapi memang tidak terlihat karena gelap, tapi dari data rekaman seismik tidak tercatat adanya aktivitas letusan Marapi.

“Tidak ada letusan di Gunung Marapi saat malam tahun baru. Untuk tadi malam, Gunung Marapi aman,” ujar Warseno, Jumat (1/1).

Dari data di pos pendakian Gunung Marapi, jumlah pendaki di Gunung Marapi saat malam tahun baru tercatat berjumlah 1.122 orang. Jumlah tersebut bisa saja melebihi angka tersebut, karena pendaki yang dicatat hanya pendaki yang menempuh jalur Koto Baru. Sementara ada beberapa rute lain yang me­mungkinkan bisa dilalui pendaki Gunung Marapi, seperi rute Batu Palano dan yang lainnya.

Saat malam tahun baru, tam­pak ada percikan api dari kawa­san cadas hingga Puncak Marapi. Di­duga percikan api itu berasal dari aktivitas pendaki yang mela­kukan pesta kembang api di kawasan Gunung Marapi terse­but. (h/wan)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]