Stadion Kubu Gadang Dilirik Lagi

Komitmen Walikota Dipertanyakan


Senin, 04 Januari 2016 - 03:03:22 WIB
Komitmen Walikota Dipertanyakan

Informasi yang dikum­pul­kan Haluan, sampai saat ini pembebasan lahan mas­ya­rakat untuk pembangu­nan stadion di Kota Paya­kumbuh, tidak kunjung ram­pung. Dikhawatirkan pem­ba­ngunan stadion tersebut, hanya sebatas rencana, akan sama halnya dengan ren­cana pembangunan terminal truk representatif yang tidak jelas ujung pangkalnya.

Tidak tercapainya kese­pakatan dengan masyarakat sekaitan pengadaan lahan rencana pembangunan sta­dion itu, maka keseriusan Pemko untuk membangun stadion olahraga di Paya­kumbuh, perlu diperta­nya­kan. Apakah hanya sekedar ekspos di  media semata?. Masyarakat tentu me­nung­gu gebrakan pasangan Wali­kota Riza Falepi dan Wakil Wali­kota Suwandel Mukhtar.

Baca Juga : Jatah Pupuk Bersubsidi di Sumbar Berkurang Tahun 2021

“Suatu prestasi bagi Pem­ko, sebab selama ini Kota Payakumbuh, tidak memiliki stadion olahraga, setelah lahan stadion eks Poliko telah dijadikan untuk pembangunan kantor balai­kota. Namun stadion Kubu Gadang, lebih cendrung dengan kegiatan pacuan kuda tahunan,” ungkap ka­der Pertai Kebangkitan Bang­sa (PKB) Paya­kum­buh, Yuridis memper­tanya­kan ketika dihubungi ke­marin. 

Tahun lalu walikota per­nah mengekpos kepada me­dia, sebagai lokasi stadion olahraga di ruas jalan ling­kar Utara bagian luar yang sangat strategis sekali. Bera­da di jalan lintas Sumbar-Riau. Pihak dinas PU di­harapkannya membuat perencanaan jalan untuk akses ke stadion tersebut. Kecamatan Latina akan lebih cepat berkembang dengan kehadiran stadion olah raga bertaraf nasional.

Baca Juga : Gelombang Tinggi dan Angin Kencang Mengancam Sumbar

Kemudian perencanaan pembangunan stadion ber­alih ke Kelurahan Sicincin Mudiak, dengan rencana awal perluasan lokasi dan pembangunan stadion. Na­mun dalam perjalannya harga tanah ternyata tidal cocok atau terlalu tinggi, sehingga perlu lagi mem­fungsikan stadion Kubu Gadang.

“Kita kemungkinan me­li­rik stadion Kubu Gadang untuk sarana prasarana olah raga termasuk sepakbola. Namun Pemko perlu mem­bicarakan lebih lanjut de­ngan pemuka masyarakat dan pemilik lahan setem­pat,” ungkap Kadisparpora Payakumbuh, Syahnadel Khairi, ketika dihubungi pertelepon kemarin. (h/zkf)

Baca Juga : ASN Terlibat Kasus Pemerkosaan di Bukittinggi, LKAAM: Kalau Perlu Dipermalukan saat Upacara

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]