Di Wilayah Polres Pasbar

27 Kasus Kacelakaan, 89 Orang Meninggal


Senin, 04 Januari 2016 - 03:03:58 WIB
27 Kasus Kacelakaan, 89 Orang Meninggal

Pada Tahun 2015 ini tercatat 127 kasus, semen­tara pada tahun 2014 silam hanya tercatat 84 kasus kecelakaan lalu lintas di wi­layah hukum Polres Pas­bar.

Kasat Lantas Polres Pas­bar, AKP. Joni Darmawan me­­lalui Kanit Laka Lantas, Ip­da Zulfikar kepada Ha­luan me­ngatakan, selama ta­hun 2015, Satlantas Polres Pas­bar nencatat 127 kasus ke­ce­la­kaan lalu lintas yang me­­nga­kibatkan 89 orang me­­ninggal dunia. Semen­ta­ra dari sekian banyak kasus ter­sebut dido­minasi oleh ken­daraan roda dua,” kata­nya.

“Jumlah kecelakaan lalu lintas di kabupa­ten pasa­man barat mengalami pe­ning­katan pada tahun dua ri­bu lima belas, mening­kat­nya angka kecelakaan terse­but disebabkan rendah­nya kesadaran masyarakat saat mengendarai kenda­raan,” imbuhnya.

Tahun dua ribu lima belas ini tercatat sebanyak seratus dua puluh tujuh ka­sus, padahal tahun dua ribu empat belas silam hanya delapan puluh empat kasus. Selain mengalami pe­ning­­katan jumlah laka lan­tas, korban menggal dunia ju­ga mengalami pening­ka­tan, tahun ini tercatat se­ba­nyak Delapan puluh sem­bi­lan orang meninggal du­nia, tujuh puluh empat luka be­rat dan sembilan puluh dua luka ringan, sementara ke­rugian material sebesar Rp.245.­630.000 juga me­ning­­kat jika dibandingkan de­ngan tahun 2014 hanya Rp. 216.150.000 “ lanjut­nya.

Dari beberapa korban kecalakaan lalu lintas me­ning­gal dunia hingga luka ringan, petugas mencatat banyak terdapat anak-anak di bawah umur. hal tersebut diduga akibat minimnya pengawasan orangtua dan masyarakat.

“Beberapa upaya telah kita lakukan untuk mence­gah dan menekan angka kecelakaan di pasaman ba­rat. beberapa kegiatan di­anta­ranya adalah pema­sangan spanduk dan him­bauan, serta melakukan so­sia­lisasi langsung ke seko­lah-sekolah,”imbuhnya.

Ia menghimbau kepada seluruh pengendara untuk mematuhi peraturan lalu lintas. kemu­dian kepada orangtua ia berharap agar mening­katkan pengawasan terhadap anak-anak dalam berkendara. orang tua juga diminta untuk tidak mengi­zinkan anak di bawah umur mengendarai kendaraan. apalagi memberikan ken­daraan secara bebas kepada anak untuk transportasi ke sekolah,”harapnya. (h/fad)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]