Ingin Swasembada Pangan 2017

Anggaran untuk Irigasi Menyusut Tajam


Senin, 04 Januari 2016 - 03:18:19 WIB
Anggaran untuk Irigasi Menyusut Tajam

Jika dibandingkan tahun 2015 mencapai Rp17 mi­liar, sedangkan tahun 2016 ini hanya Rp 7 miliar.

Untuk mewujudkan swa­sembada pangan per­baikan irigasi juga hal yang penting. Untuk itu, Pemko mencoba melihat irigasi yang pantas diperbaiki ter­lebih dahulu.

Baca Juga : Tanaman Hias Jenis Keladi Paling Banyak Dicari Emak-emak di Padang

Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan (Dispernak­bun­hut) Dian Fakri menga­takan, terkait irigasi pihak­nya akan melihat dari usu­lan Musrenbang Kelurahan Pisang.

Dian berharap ke depan mendapat tambahan Dana Alokasi Khusus (DAK). Sebab jika diambilkan dari APBD, masih akan belum tertampung.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Masyarakat Beralih Olahraga ke Unand

“Anggaran Disper­nak­bunhut mengalami penyu­su­tan dibanding tahun lalu. Pada tahun 2015 mendapat anggaran Rp 17 miliar, sedangkan pada 2016 ini hanya Rp 7 miliar saja. Kita berharap warga bersabar menunggu DAK,” ujarnya.

Sementara usaha yang dilakukan untuk mewu­jud­kan swasembada pangan adalah memperbaiki irigasi, optimalisasi lahan, mem­berikan pembibitan, dan membantu peralatan per­tan­ian.

Baca Juga : Jadikan Padang Kota Bersih, Danlantamal II Ajak Warga Perang dengan Sampah

“Perbaikan irigasi meru­pakan upaya peningkatan produksi pangan di Padang pada masa mendatang, serta memberikan motivasi ter­hadap petani,” katanya.

Ia menjelaskan, Padang tahun ini melakukan Re­habilitasi Jaringan Irigasi (RJI) seluas 1.000 Ha de­ngan nilai Rp 1,1 miliar untuk 40 kelompok tani. Kemudian optimalisasi la­han seluas 500 hektare me­ lalui APBN dari Kemen­terian Pertanian Rp 600 juta yang diperuntukkan bagi 22 kelompok tani. (h/ows)

Baca Juga : Warga Sungai Sapiah Padang Mulai Berdatangan Menyambut Kedatangan Jenazah Angga

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: re[email protected]