Ibu Bekerja Tetap Bisa Beri ASI Ekslusif


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:00:58 WIB
Ibu Bekerja Tetap Bisa Beri ASI Ekslusif

Padahal pemerintah da­lam undang-undang perbu­ruhan telah memberikan hak kepada ibu menyusui mendapatkan kesempatan dalam memberikan asi.

Meskipun demikian ba­gi ibu yang bekerja mem­berikan asi ekslusif pada anaknya dinilai masih ku­rang optimal dengan bebe­rapa hal salah satunya ke­bijakan perusahaan dalam memberikan waktu cuti yang terlalu pendek, ku­rangnya dukungan dari tem­pat kerja untuk memerah asi dan tidak di sediakannya ruangan khusus untuk me­merah asi. Sebaiknya ibu yang sedang menyusui mem­­punyai trik khusus sehingga sukses mem­be­rikan asi meskipun sibuk di kantor.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda pelajari sukses dalam memberikan asi pada anak anda mes­kipun sibuk dengan peker­jaan kantor :

1. Persiapkan diri sebelum masuk kerja

Pasca melahirkan anda dapat menyusun jadwal da­lam mempersiapkan pem­berian asi ekslusif meskipun anda akan di sibukkan de­ngan uru­san kantor anda. Pada saat masa nifas anda dapat mem­berikan kesem­patan bayi anda untuk men­dapatkan asi langsung tanpa menggunakan botol susu atau empeng. Selain itu persi­apkan diri anda de­ngan melakukan relaksasi selama 10-15 menit sebelum mela­kukan memerah asi. Hal terpenting selanjutnya ada­lah mencukupi kebutuhan gizi dan menghindari stres se­hingga tidak mengganggu asi untuk kebutuhan bayi anda.

2.  Melatih Kemam­puan Memerah Asi

Anda dapat melatih diri anda untuk memerah asi dengan menggunakan ta­ngan atau pompa manual atau pula menggunakan pompa elektrik. Latihan ini dapat dilakukan dimulai pada saat asi keluar pertama kalinya dan asi terasa penuh. Kemudian biasakan untuk menetapkan jadwal me­merah asi ,umum dilakukan pada saat 3-4 jam yang dibe­kukan untuk persediaan mulai anda bekerja.

3. Hindari Stres saat memulai pekerjaan anda

Untuk sukses mem­be­rikan asi sebaiknya anda sangat memperhatikan asu­pan makanan anda, luang­kan waktu untuk mengkon­sumsi makanan yang bergizi ketika anda bekerja. Ma­kanan yang bergizi akan menambah kualitas asi an­da. Selanjutnya adalah hin­dari stres karena beban fisik dan mental akan meng­ham­bat asi sehingga kuantitas menjadi terganggu.

4. Sempatkan waktu anda untuk menyusui langsung

Sebelum anda berangkat bekerja luangkan waktu anda untuk menyusui lang­sung pada anak anda, de­ngan demikian ikatan batin masih tetap terjalin antara anda dan anak anda mes­kipun anda sibuk bekerja. Waktu yang tepat untuk memberikan asi langsung pada anak anda adalah ke­tika akan berangkat bekerja, pulang bekerja dan ketika bayi anda akan tidur.

5. Mempersiapkan Persediaan Asi perah

Gunakan waktu is­ti­ra­hat anda untuk memerah asi sehingga persediaan anda tidak kehabisan untuk men­cukupi kebutuhan bayi an­da. Siapkan persedian asi dilemari es selama anda sedang bekerja. Sehingga penting untuk dapat men­jadwalkan waktu memerah asi yang tepat dalam me­merah asi setiap 3 jam se­kali, siapkan peralatan yang anda butuhkan untuk memerah asi ketika sedang berada di kantor. (h/bdk)







Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM