Ibu Bekerja Tetap Bisa Beri ASI Ekslusif


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:00:58 WIB
Ibu Bekerja Tetap Bisa Beri ASI Ekslusif

Padahal pemerintah da­lam undang-undang perbu­ruhan telah memberikan hak kepada ibu menyusui mendapatkan kesempatan dalam memberikan asi.

Meskipun demikian ba­gi ibu yang bekerja mem­berikan asi ekslusif pada anaknya dinilai masih ku­rang optimal dengan bebe­rapa hal salah satunya ke­bijakan perusahaan dalam memberikan waktu cuti yang terlalu pendek, ku­rangnya dukungan dari tem­pat kerja untuk memerah asi dan tidak di sediakannya ruangan khusus untuk me­merah asi. Sebaiknya ibu yang sedang menyusui mem­­punyai trik khusus sehingga sukses mem­be­rikan asi meskipun sibuk di kantor.

Baca Juga : Camilan Hari Ini: Resep Muffin Keju yang Empuk dan Gurih

Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda pelajari sukses dalam memberikan asi pada anak anda mes­kipun sibuk dengan peker­jaan kantor :

1. Persiapkan diri sebelum masuk kerja

Baca Juga : Untuk Penderita Asam Lambung, Berikut 5 Tips Minum Kopi yang Aman

Pasca melahirkan anda dapat menyusun jadwal da­lam mempersiapkan pem­berian asi ekslusif meskipun anda akan di sibukkan de­ngan uru­san kantor anda. Pada saat masa nifas anda dapat mem­berikan kesem­patan bayi anda untuk men­dapatkan asi langsung tanpa menggunakan botol susu atau empeng. Selain itu persi­apkan diri anda de­ngan melakukan relaksasi selama 10-15 menit sebelum mela­kukan memerah asi. Hal terpenting selanjutnya ada­lah mencukupi kebutuhan gizi dan menghindari stres se­hingga tidak mengganggu asi untuk kebutuhan bayi anda.

2.  Melatih Kemam­puan Memerah Asi

Baca Juga : Wah! BTS Dapat Brand ValueTertinggi, Blackpink Lewat

Anda dapat melatih diri anda untuk memerah asi dengan menggunakan ta­ngan atau pompa manual atau pula menggunakan pompa elektrik. Latihan ini dapat dilakukan dimulai pada saat asi keluar pertama kalinya dan asi terasa penuh. Kemudian biasakan untuk menetapkan jadwal me­merah asi ,umum dilakukan pada saat 3-4 jam yang dibe­kukan untuk persediaan mulai anda bekerja.

3. Hindari Stres saat memulai pekerjaan anda

Baca Juga : Apa Hukum Jual Beli Kucing Peliharaan? Ini Dalilnya

Untuk sukses mem­be­rikan asi sebaiknya anda sangat memperhatikan asu­pan makanan anda, luang­kan waktu untuk mengkon­sumsi makanan yang bergizi ketika anda bekerja. Ma­kanan yang bergizi akan menambah kualitas asi an­da. Selanjutnya adalah hin­dari stres karena beban fisik dan mental akan meng­ham­bat asi sehingga kuantitas menjadi terganggu.

4. Sempatkan waktu anda untuk menyusui langsung

Sebelum anda berangkat bekerja luangkan waktu anda untuk menyusui lang­sung pada anak anda, de­ngan demikian ikatan batin masih tetap terjalin antara anda dan anak anda mes­kipun anda sibuk bekerja. Waktu yang tepat untuk memberikan asi langsung pada anak anda adalah ke­tika akan berangkat bekerja, pulang bekerja dan ketika bayi anda akan tidur.

5. Mempersiapkan Persediaan Asi perah

Gunakan waktu is­ti­ra­hat anda untuk memerah asi sehingga persediaan anda tidak kehabisan untuk men­cukupi kebutuhan bayi an­da. Siapkan persedian asi dilemari es selama anda sedang bekerja. Sehingga penting untuk dapat men­jadwalkan waktu memerah asi yang tepat dalam me­merah asi setiap 3 jam se­kali, siapkan peralatan yang anda butuhkan untuk memerah asi ketika sedang berada di kantor. (h/bdk)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 24 Januari 2021 - 10:51:29 WIB

    Camilan Hari Ini: Resep Muffin Keju yang Empuk dan Gurih

    Camilan Hari Ini: Resep Muffin Keju yang Empuk dan Gurih Akhir pekan selain diisi dengan jalan-jalan, juga sangat pas diisi dengan berdiam di rumah bersama keluarga.Tentu saja ditemani dengan camilan dan secangkir teh. Dan ide camilan untuk hari ini adalah muffin keju..
  • Ahad, 24 Januari 2021 - 06:43:50 WIB

    Untuk Penderita Asam Lambung, Berikut 5 Tips Minum Kopi yang Aman

    Untuk Penderita Asam Lambung, Berikut 5 Tips Minum Kopi yang Aman Kopi sering dijauhi oleh penderita penyakit asam lambung, karena dalam kandungan kopi ada kafein dan klorogenat. Supaya tetap aman ikut beberapa tips sehat ini..
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 23:19:03 WIB

    Wah! BTS Dapat Brand ValueTertinggi, Blackpink Lewat

    Wah! BTS Dapat Brand ValueTertinggi, Blackpink Lewat Institute of Corporate Reputation merilis peringkat grup band idola K-Pop berdasarkan "brand value" di awal Januari 2021. Seperti dilansir dari Allkpop, Sabtu (23/1/2021), survei dilakukan mulai 23 Desember 2020 hingga 23 Jan.
  • Jumat, 22 Januari 2021 - 11:27:51 WIB

    Apa Hukum Jual Beli Kucing Peliharaan? Ini Dalilnya

    Apa Hukum Jual Beli Kucing Peliharaan? Ini Dalilnya Dalam Islam hukum asal jual beli itu halal dan boleh. Namun, ada jual beli yang diatur objeknya, tidak bebas diperjualbelikan. .
  • Jumat, 22 Januari 2021 - 06:21:52 WIB

    Agar Kopi Jadi Minuman Lebih Sehat, Ini 8 Cara Mengonsumsinya

    Agar Kopi Jadi Minuman Lebih Sehat, Ini 8 Cara Mengonsumsinya Apa minuman yang paling populer di dunia? Tentu saja kopi. Minum kopi dapat menghilangkan rasa kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan. Hal ini membuat minum kopi di pagi hari memang sudah menjadi 'ritual' banyak orang..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]