Tak Ada Jaminan Riau Bebas Karhutla


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:02:01 WIB
Tak Ada Jaminan Riau Bebas Karhutla

“Kalau jaminan, kita tak tahu siapa yang bisa jamin, mudah-mudahanlah,” kata Pria yang akrab disapa Andi Rachman itu dalam ke­gia­tan Refleksi tahun 2015 dan Pemantapan Kerja Tahun 2016 di Kantor Gubernur Riau, Pekanbaru, Kamis.

Meskipun begitu, dia me­ngatakan bahwa saat ini pihak­nya persiapan untuk pen­cegahan karhutla tetap ja­lan terus. Terlebih lagi Badan Metereologi, Klima­tologi dan Geofisika sudah mem­prediksikan bahwa Ja­nuari sudah mulai panas di Riau.

Baca Juga : Lari Pagi Bersama Sandi Uno, Audy Joinaldy Bahas Strategi Pengembangan Pariwisata Sumbar

Salah satu persiapan, lanjut dia, adalah dengan Peraturan Gubernur no. 5 tahun 2015 tentang rencana aksi karhutla untuk semua pemangku kepentingan. Ter­masuk untuk kabupaten/kota dengan berkoordinasi terus menerus. 

Dia lebih lanjut mene­gas­kan bahwa dengan pihak Ke­mentrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ri­au sudah melakukan berba­gai diskusi. Selain itu juga dengan pihak perkebunan sudah diingatkan lagi ter­kait karhutla. 

Baca Juga : Khusus Januari-Februari, Emersia Hotel Batusangkar Beri Paket Khusus Spesial Deal Rindu

“Upaya yang dilakukan adalah dengan upaya mem­buat sekat kanal, pembinaan desa-desa oleh perusahaan melalui dana tanggungjawab sosial, dan pemantapan satuan terkait,” urainya.

Untuk 2016, lanjut dia, persiapan anggaran telah ditetapkan jumlahnya seni­lai Rp132 miliar yang terse­bar di beberapa satuan ter­kait. Diantaranya dinas perkebu­nan, kehutanan, kesehatan, sosial, Badan Penang­gula­ngan Bencana daerah, dan Badan Lingku­ngan Hidup.

Baca Juga : Tiket Masuk Wisata Pantai Gandoriah Bakal Mulai Gunakan Sistem Elektronik

“Dan juga bantuan keua­ngan ke kabupaten/kota khu­sus untuk persiapan kar­hutla Rp77,3 miliar. Me­ngenai penegakan hukum tetap berjalan terus, itu do­mainnya di kepolisian dan kejaksanaan,” jelasnya. (hr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]