Bekas Longsor di Maninjau Bakal Dihijaukan


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:27:04 WIB
Bekas Longsor di Maninjau Bakal Dihijaukan Kepala SKPD, unsur muspida, persiapan saat akan melakukan peninjauan bekas longsor dari udara, di Halaman SMP 1 Lubuk Basung. (DAYAT)

Untuk menindaklanjuti hal tersebut Dinas Kehu­tanan dan Perkebunan (Dis­hutbun), dan Badan Pe­nang­gulangan Bencana Da­erah (BPBD), melakukan peninjaun dari udara, Senin (04/1).

Kepala Dinas Kehu­ta­nan dan Perkebunan (Dis­hut­bun) Kabupaten Agam, Yulnasri, mengatakan, pi­hak­nya bersama instasi ter­kait lainnya seperti pihak BPBD Sumbar, BPBD Agam, BNPB, serta unsur Muspida telah meninjau area bekas bencana longsor dari udara.

“Kita sudah melihat be­kas, longsor dari udara, selanjutnya akan dilakukan sur­vei darat. Survei darat sa­ngat penting sebagai bahan perencanaan kegiatan, se­perti untuk pemilihan bibit tanaman apa yang cocok untuk rencana penghijauan. Kita berharap perencanaan ini bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.  

Selain itu, survei juga dilakukan pada aliran su­ngai. Pembersihan aliran tersebut sangat penting un­tuk menjaga kelancaran aliran air. Perencanaan ini semua dilakukan untuk men­jaga lingkungan serta keselamatan masyarakat.

“Selain melakukan pe­na­naman kembali pada be­kas bencana longsor juga dilakukan pembersihan ali­ran sungai. Apabila aliran sungai terjaga tentunya akan memberikan manfaat serta meminimalkan anca­man terhadap warga dan ling­kungan sekitar,” jelas­nya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Bambang Warsito, mengatakan, peninjauan melalui udara, yang diikuti Kepala BPBD Sumbar, Zul­fiat­no, serta unsur Muspida Sumbar dan Agam, meru­pakan tindakan awal. Lokasi yang ditinjau baru seputaran Danau Manin­jau, Keca­ma­tan Tanjung Raya.

“Survei berjalan lancar, kegiatan ini bertujuan un­tuk meninjau kondisi su­ngai dan lingkungannya, dalam pro­gram kesiapan dalam meng­hadapi ben­cana,” katanya.

Wilayah Agam sangat luas meliputi lautan pegu­nungan dan Agam selain Tanjung Raya, pada lain seperti Kecamatan Can­duang, Palupuh, Malalak, Palembayan, Ampek Na­gari, dan Lubuk Basung juga terdapat sejumlah titik yang cukup rawan. Pada perin­sipnya pemerintah mengi­nginkan seluruh upaya un­tuk penangulangan beren­cana bisa berjalan dengan baik. (h/yat)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM