Pemko Payakumbuh Dukung Rehabilitasi Jalur Kereta Api


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:27:34 WIB

“Kami mendukung rencana itu, tapi masalahnya saat ini perubahan tata ruang jauh berbeda jika dibandingkan saat kereta api masih aktif,” kata Wali Kota Paya­kumbuh, Riza Falepi di Payakumbuh, Senin (4/1).

Untuk itu, menurut Riza, perlu ada kejelasan dari dari pihak Kereta Api Indonesia (KAI) terkait masalah tersebut, sebab banyak masyarakat yang mendirikan bangunan di atas perlintasan kereta api tersebut.

Selain itu, di Payakumbuh ada beberapa lokasi yang disewakan oleh pihak KAI kepada pihak swasta untuk didirikan rumah toko (ruko).

“Aset tersebut disewa oleh PT. KAI. Jika mereka yang berbuat, mereka harus bertanggungjawab,” kata dia.

Pantauan di lapangan, bebeberapa jalur kereta api di Kota Payakumbuh banyak yang telah dimanfaatkan masyarakat terutama di wilayah pada pemukiman warga, yakni mulai dari kawasan Ngalau Indah sampai ke Stasiun Parit Rantang.

Selain itu, di sekitar Stasiun Parit Rantang juga telah didirikan ruko yang bersifat permanen, dimana lokasi tersebut disewakan kepada masyarakat.

Semetara itu, Ketua DPRD Payakumbuh, Yendri Bodra menilai, akibat padatnya intensitas kedaraan saat ini cukup padat, untuk itu perlu ada alat transpotasi alternatif. “Dulu jarak tempuh Payakumbuh-Padang hanya 2,5 jam, namum akhir-akhir ini dapat meng­habiskan waktu hingga lima jam. Apalagi saat musim libur dan lebaran, jarak tempuh kedua daerah dapat menghabiskan waktu seharian,” sebutnya.

Menurutnya, dengan adanya kereta api yang menghubungkan kedua daerah dapat memperlancar aktivitas masyarakat serta meningkatkan mobilitas perekonomian. (h/ans)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM