Pantau Penyebab Banjir Bandang

BPBD Temukan Beberapa Titik Kantong Air


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:29:49 WIB
BPBD Temukan Beberapa Titik Kantong Air

BPBD Pasaman dibantu BPBD Provinsi Sumbar, turun titik-titik potensi bencana tersebut bersama Kapolres Pasaman, AKBP Agoeng SW, Kepala Dinas Kehutanan Pa­saman, Yozarwardi, menggunakan helikopter.

Kepala BPBD Pasaman, M. Sayuti Pohan menye­butkan, BPBD dan pihak-pihak terkait turun meng­gunakan helikopter untuk mengambil potret udara titik-titik kantong air yang dapat menyebabkan ben­cana banjir bandang.

Baca Juga : Safari Jumat, Kapolsek Tilatang Kamang Bagikan Nasi Kotak

“Ada dua kecamatan yang kami pantau, yakni Lubuk Sikaping dan Panti. Kami menemukan sejumlah titik kantong air di dua kecamatan itu, yang diduga dapat me­nim­bulkan banjir dan tanah longsor. Nanti, hasil potret udara ini kami evaluasi dan analisis,” te­rangnya.

Inspeksi dari udara ter­se­but, kata M. Sayuti Pohan, nantinya akan dilanjutkan dengan membentuk tim untuk mengetahui titik atau kordinat kantong air. Nanti dapat disimpulkan apakah kantong air itu berpotensi terjadinya banjir. Analisis itu nantinya juga dapat me­m­­prediksi sebesar apa dam­pak yang ditimbulkan oleh bencana itu. 

Baca Juga : Rumah Tahfidz Quran Al Hajjar Pessel Diresmikan

Pengambilan potret ud­a­­ra itu, kata M. Sayuti Po­han, untuk memi­nima­lisir dampak bencana alam, se­perti banjir dan tanah long­sor. Oleh karena itu, pi­hak­nya memantau kan­tong air atau embung yang ada di wilayah perbukitan di dua kecamatan itu.

Saat memantau titik kan­tong air dari udara, tim gabungan tersebut juga me­lihat sejumlah titik hutan yang telah gundul.

Baca Juga : Jembatan Putus Akibat Banjir, Warga Kampung Salak Jalamu Pessel Terisolasi

Ia menambahkan, ber­dasarkan perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), potensi curah hujan yang cukup tinggi akan terjadi pada Januari hingga bebe­rapa bulan ke depan.

Dengan kondisi demi­kian, semua pihak mesti mengambil tindakan antisi­pasi sejak dini untuk menghadapi bencana seperti banjir bandang dan tanah longsor. (h/col)

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 23.934 Kasus

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:59:58 WIB

    Safari Jumat, Kapolsek Tilatang Kamang Bagikan Nasi Kotak

    Safari Jumat, Kapolsek Tilatang Kamang Bagikan Nasi Kotak Sejak menjabat sebagai Kapolsek Tilatang Kamang, Kab. Agam beberapa waktu lalu. Iptu. Rommy Hendra K. SH, MM terus berupaya menjalin tali silaturahmi dan pendekatan dengan masyarakat di wilayah hukum Polsek Tilatang Kamang..
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:27:37 WIB

    Rumah Tahfidz Quran Al Hajjar Pessel Diresmikan

    Rumah Tahfidz Quran Al Hajjar Pessel Diresmikan Plh Sekda, Muskamal meresmikan Rumah Tahfidz Qur'an Al Hajjar Kampung Koto Pulai, Nagari Kambang Timur, Kecamatan Lengayang. Pada sambutannya, Muskamal mengatakan perlu kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat dalam upay.
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:23:50 WIB

    Jembatan Putus Akibat Banjir, Warga Kampung Salak Jalamu Pessel Terisolasi

    Jembatan Putus Akibat Banjir, Warga Kampung Salak Jalamu Pessel Terisolasi Masyarakat Kampung Salak Jalamu, Nagari IV Koto Hilia, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mengharapkan perbaikan jembatan yang putus akibat banjir bandang yang terjadi pada September 2020 lalu di kampu.
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:21:49 WIB

    Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 23.934 Kasus

    Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 23.934 Kasus Berdasarkan data yang dirilis Pemprov Sumbar pada Jumat (23/1/2021) terjadi penambahan pasien yang terkonfirmasi sembuh. Penambahan pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 131 orang..
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:14:05 WIB

    Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 128 Orang

    Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 128 Orang Berdasarkan data yang dirilis Pemprov Sumbar pada Jumat (22/1/2021) terdapat 128 orang pasien terkonfirmasi positif. Sehingga total pasien yang terinfeksi mencapai 26.195 orang..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]