Pembebasan Tanah Tuntas

Pembangunan Jalan Nipah-Teluk Bayur Dilanjutkan


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:44:39 WIB
Pembangunan Jalan Nipah-Teluk Bayur Dilanjutkan

Saat ini tinggal me­nun­g­gu pengerjaan dari Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Pemukiman (Disp­ras­jaltarkim) Sumbar untuk kelanjutan proyek ini.

Kepala Bagian (Kabag) Pertanahan Pemko Padang Amasrul mengatakan, pro­ses pembebesan lahan telah selesai dilakukan seluruh­nya, sehingga proyek ini sudah bisa dilakukan oleh pihak provinsi.

Baca Juga : Tanaman Hias Jenis Keladi Paling Banyak Dicari Emak-emak di Padang

“Tanahnya sudah bebas seluruhnya. Kemarin me­mang masih ada satu titik yang bermasalah tapi sudah kita selesaikan,” terang Amas­rul kepada Haluan, Senin (4/1) siang.

Pengerjaan jalan Nipah – Teluk Bayur sepanjang 7 kilometer yang dimulai semenjak 1990 silam diren­canakan sebagai kawasan wisata yang juga sebagai jalur alternatif untuk pe­mecah macet di kawasan Teluk Bayur.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Masyarakat Beralih Olahraga ke Unand

Jalan ini memiliki arti pen­ting dan menjadi pro­yek strategis Pemprov Sum­bar. Kebe­radaan­nya dapat menjadi jalan pem­buka pengembangan wilayah Ko­ta Padang.

Tak hanya itu, ruas jalan ini juga menjadi salah satu jalur pariwisata di samping penunjang kegiatan eko­nomi masyarakat. Karena itu belum dapat ditentukan apakah jalan ini masuk kategori jalan provinsi atau jalan kota.

Baca Juga : Jadikan Padang Kota Bersih, Danlantamal II Ajak Warga Perang dengan Sampah

Pembangunan jalan Ni­pah - Teluk Bayur ini diha­rap juga menjadi pendu­kung bagi rencana Pemko Padang untuk menjadikan Gunung Padang menjadi kawasan wisata terpadu yang dilengkapi dengan fa­silitas penginapan, lapangan golf, pemu­garan kota tua dan pemugaran kawa­san Muaro Pantai Padang men­jadi pelabu­han.

Dalam perjalanannya pro­yek ini sempat tersendat de­ngan persoalan lahan berupa tanah makam yang terkena imbas proyek ini, sehingga membutuhkan wak­­tu untuk mengganti rugi setiap makam yang terkena proyek ini.  

Baca Juga : Warga Sungai Sapiah Padang Mulai Berdatangan Menyambut Kedatangan Jenazah Angga

Haluan mencatat seti­daknya ada ratusan makam dari warga Tionghoa dan 1.000 warga muslim yang harus dipindahkan demi ke­lan­caran proyek ini. (h/mg-isr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]