Pengelola Janji Usir Pelaku

Pedagang Rokok Berkeliaran di RSUP Dr M Djamil


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:45:48 WIB
Pedagang Rokok Berkeliaran di RSUP Dr M Djamil

Dayat (26) salah seorang pengunjung mengatakan, sesaat setelah ia keluar dari RRI Paru RSUP DR M Djamil, seorang perempuan datang ke dekatnya dan menawarkan rokok di da­lam tasnya. Sontak hal itu membuatnya kaget karena tidak sepatutnya ada rokok di lingkungan rumah sakit.

“Pedagang rokoknya ti­dak seperti pedagang yang biasa ditemui di jalan raya. Mereka hanya menenteng tas pinggang, lalu berhenti di dekat saya dan mena­warkan rokok. Ini tentu tidak baik karena rumah sakit harus steril demi ke­sembuhan pasien. Terlebih ini adalah rumah sakit ru­jukan nasional,” ucapnya, Senin (4/1).

Baca Juga : Terdampak Pandemi Covid-19, Angka Pernikahan di Kota Padang Turun 10 Persen

Berdasarkan pantauan Haluan di beberapa lokasi di lingkungan rumah sakit tersebut, memang dite­mu­kan beberapa orang peda­gang asongan yang mena­warkan rokok dalam tasnya secara diam-diam. Bukan itu saja, beberapa pe­ngun­jung rumah sakit juga ada yang mencuri kesempatan mengisap rokok di titik-titik yang jauh dari pantauan petugas pengamanan rumah sakit.

Namun, saat salah seo­rang pedagang itu ditanyai mengapa sampai menjual rokok di lingkungan rumah sakit, ia malah lari terbirit-birit sebelum sempat mem­berikan alasan. Sedangkan saat seseorang tengah me­rokok di dekat Bangsal Anak, ia malah mengaku mengetahui perihal lara­ngan merokok.

Baca Juga : Masa Reses DPRD Padang, Irawati Meuraksa Siapkan Program Tepat Guna untuk Masyarakat

“Anak saya sendirian di kamarnya, te­ngah dirawat, tidak mungkin saya me­rokok keluar ling­kungan rumah sakit,” uca­pnya santai.

Mengenai masalah ini, Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP DR. M. Djamil Pa­dang, Gustavianof mengaku kaget dengan informasi ter­sebut. Karena sepanjang yang ia ketahui, lingkungan rumah sakit itu telah dis­terilkan dari segala jenis aktifitas berdagang asongan.

Baca Juga : Ada Perbaikan Pipa Perumda AM Kota Padang di Lubuk Minturun, Siap-siap Tampung Air!

“Pedagang asongan jenis apapun sudah kami larang semua. Buktinya tidak ada satupun dari mereka yang menggelar lapak di lorong-lorong rumah sakit seperti yang sudah-sudah. Saya baru tahu ada pedagang yang menjual rokok dengan mo­dus menyimpannya dalam tas. Saya pikir para peda­gang itu masuk ke ling­kungan rumah sakit saat jam bezuk,” jelasnya.

Berdasarkan informasi ini, Gustavianof langsung meminta koordinator kea­manan RSUP DR. M. Dja­mil untuk melacak ke­bera­daan pedagang rokok dan langsung memberi tindakan pengusiran dari lingkungan rumah sakit.

Baca Juga : Tanaman Hias Jenis Keladi Paling Banyak Dicari Emak-emak di Padang

“Saat ini rumah sakit M. Djamil punya 40 personel keamanan, rencananya akan ada penambahan sebanyak 20 personel lagi tahun ini. Kami harapkan dengan pe­nambahan personel ini akan membuat kenyamanan dan keamanan rumah sakit lebih baik lagi ke depannya,” tukasnya. (h/mg-isq)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]