Pengelola Janji Usir Pelaku

Pedagang Rokok Berkeliaran di RSUP Dr M Djamil


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:45:48 WIB

Dayat (26) salah seorang pengunjung mengatakan, sesaat setelah ia keluar dari RRI Paru RSUP DR M Djamil, seorang perempuan datang ke dekatnya dan menawarkan rokok di da­lam tasnya. Sontak hal itu membuatnya kaget karena tidak sepatutnya ada rokok di lingkungan rumah sakit.

“Pedagang rokoknya ti­dak seperti pedagang yang biasa ditemui di jalan raya. Mereka hanya menenteng tas pinggang, lalu berhenti di dekat saya dan mena­warkan rokok. Ini tentu tidak baik karena rumah sakit harus steril demi ke­sembuhan pasien. Terlebih ini adalah rumah sakit ru­jukan nasional,” ucapnya, Senin (4/1).

Berdasarkan pantauan Haluan di beberapa lokasi di lingkungan rumah sakit tersebut, memang dite­mu­kan beberapa orang peda­gang asongan yang mena­warkan rokok dalam tasnya secara diam-diam. Bukan itu saja, beberapa pe­ngun­jung rumah sakit juga ada yang mencuri kesempatan mengisap rokok di titik-titik yang jauh dari pantauan petugas pengamanan rumah sakit.

Namun, saat salah seo­rang pedagang itu ditanyai mengapa sampai menjual rokok di lingkungan rumah sakit, ia malah lari terbirit-birit sebelum sempat mem­berikan alasan. Sedangkan saat seseorang tengah me­rokok di dekat Bangsal Anak, ia malah mengaku mengetahui perihal lara­ngan merokok.

“Anak saya sendirian di kamarnya, te­ngah dirawat, tidak mungkin saya me­rokok keluar ling­kungan rumah sakit,” uca­pnya santai.

Mengenai masalah ini, Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP DR. M. Djamil Pa­dang, Gustavianof mengaku kaget dengan informasi ter­sebut. Karena sepanjang yang ia ketahui, lingkungan rumah sakit itu telah dis­terilkan dari segala jenis aktifitas berdagang asongan.

“Pedagang asongan jenis apapun sudah kami larang semua. Buktinya tidak ada satupun dari mereka yang menggelar lapak di lorong-lorong rumah sakit seperti yang sudah-sudah. Saya baru tahu ada pedagang yang menjual rokok dengan mo­dus menyimpannya dalam tas. Saya pikir para peda­gang itu masuk ke ling­kungan rumah sakit saat jam bezuk,” jelasnya.

Berdasarkan informasi ini, Gustavianof langsung meminta koordinator kea­manan RSUP DR. M. Dja­mil untuk melacak ke­bera­daan pedagang rokok dan langsung memberi tindakan pengusiran dari lingkungan rumah sakit.

“Saat ini rumah sakit M. Djamil punya 40 personel keamanan, rencananya akan ada penambahan sebanyak 20 personel lagi tahun ini. Kami harapkan dengan pe­nambahan personel ini akan membuat kenyamanan dan keamanan rumah sakit lebih baik lagi ke depannya,” tukasnya. (h/mg-isq)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 24 Januari 2020 - 21:12:36 WIB

    Wako Mahyeldi Fasilitasi Pedagang Loak di Padang Teater Agar Kembali Berdagang

    Wako Mahyeldi Fasilitasi Pedagang Loak di Padang Teater Agar Kembali Berdagang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah memfasilitasi sejumlah pedagang loak di lantai II kawasan Padang Teater Pasar Raya Padang agar kembali berdagang seperti sedia kala..
  • Rabu, 23 Oktober 2019 - 15:41:32 WIB

    Tumbuhkan UMKM, Padang Night Market Akan Berdayakan 100 Pedagang

    Tumbuhkan UMKM, Padang Night Market Akan Berdayakan 100 Pedagang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Setidaknya akan ada 100 pedagang yang akan ikut dalam Permindo Night Market yang akan mulai dilaksanakan pada 2 November 2019 mendatang. Pedagang yang akan mengisi terdiri dari berbagai jenis dagan.
  • Ahad, 06 Oktober 2019 - 16:29:08 WIB

    100 Pedagang Akan Isi Pasar Kuliner Malam di Permindo

    100 Pedagang Akan Isi Pasar Kuliner Malam di Permindo PADANG, HARIANHALUAN.COM - Jika tidak ada aral melintang, mulai bulan depan kawasan Permindo akan dijadikan pasar kuliner di malam hari. Rencana tersebut akan dimulai setiap Sabtu dengan menutup jalan mulai pukul 19.00 WIB..
  • Selasa, 20 Agustus 2019 - 20:36:37 WIB

    Puluhan Pedagang Ikan Pantai Padang Dipindahkan Sementara

    Puluhan Pedagang Ikan Pantai Padang Dipindahkan Sementara PADANG, HARIANHALUAN.COM- Selama pengerjaan pedestrian kawasan Pantai Padang, puluhan pedagang ikan terpaksa dipindahkan ke depan. Pemindahan dilakukan untuk memudahkan aktivitas perdagangan..
  • Senin, 17 Juni 2019 - 17:45:06 WIB

    Jalan Sandang Pangan Harus Bersih dari Pedagang

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Perdagangan Endrizal menargetkan bahwa Jalan Sandang Pangan harus bersih dari pedagang. Namun, ada dua jenis dagangan yang dikecualikan mengingat kondisi dan situasinya..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM