6 PHP Pilkada Tunggu Putusan Sela


Selasa, 05 Januari 2016 - 03:55:19 WIB

“Tanggal 18 Januari 2016 akan ada putusan sela atau dismissal. Putusan sela ini nantinya akan memutuskan mana permohonan yang memenuhi syarat formal dan mana yang tidak. Yang tidak memenuhi syarat formal akan dieliminasi dan sidang tidak dilanjutkan ke pokok permohonan atau pokok perkara dengan memeriksa saksi dan bukti dan lain seba­gainya,” jelas Budi.

Ia menjelaskan bahwa yang akan memutuskan adalah hakim MK. Sidang pendahuluan akan berlangsung pada tanggal 7 Januari dengan membentuk panel, yang dibagi menjadi tiga panel. Setiap panel terdiri dari tiga hakim MK. Proses sidang ini akan berlangsung sampai pada tanggal 17 Januari.

“Setelah itulah, putusan sela akan dibacakan oleh hakim,”katanya.

Dari catatan yang ada,  enam perselisihan hasil pilkada (PHP) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2015 di Sumatera Barat sudah teregistrasi di Mahkamah Konstitusi (MK) dengan nomor registrasi perkara yang berbeda.

Keenam PHP Pilkada di Sumbar yang sudah teregistrasi di MK tersebut adalah Pilkada Ka­bupaten 50 Kota dengan nomor registrasi perkara 7/PHP.BUP-XIV/2016 dengan pemohom Asyirwan Yunus dan Ilson Cong. Kemudian Pilkada Kabu­paten Tanah Datar dengan nomor registrasi 76/PHP.BUP-XIV/2016 dengan pemohon Edi Arman dan Taufiq Idris. Solok Selatan dengan nomor registrasi 72/PHP.BUP-XIV/2016 dengan pemohon Khairunas dan Edi Susanto.

Berikutnya Pilkada Sumbar dengan nomor registrasi 26/PHP.GUB-XIV/2016 dengan pemohon Muslim Kasim dan Fauzi Bahar. Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Solok dengan nomor registrasi 88/PHP.­BUP-XIV/2016 dan 73/PHP.BUP-XIV/206 dengan masing-masing pemohon Benny Utama/Daniel dan Desra Ediwan Anantanur/Bachtul. (h/sam)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM