MC Donald’s Dinilai Salahi Amdal Lalin


Rabu, 06 Januari 2016 - 02:40:36 WIB
MC Donald’s Dinilai Salahi Amdal Lalin

“Kita lihat baru masuk saja kita sudah terkena ma­cet seperti ini. Padahal wak­tu ini biasa, apalagi kalau hari libur tentu membludak dan bisa-bisa di sini gak bisa lewat,” ungkap Anggota Komisi IV Mulyadi Anwar mengomentari kondisi par­ki­ran toko yang sempit itu.

Kunjungan rombongan Komisi IV ini menin­dak­lan­juti laporan masyarakat bah­wa semenjak MC Do­nald’s beroperasi di daerah tersebut pada 21 Desember 2015 lalu, maka arus lalu lintas di Jalan Jendral Su­dir­man ujung yang tengah ada pembangunan Jemba­tan Siak IV semakin mem­prihatinkan karena saat jam sibuk jalan itu macet total.

Baca Juga : Pantai Salido Pesisir Selatan jadi Favorit Anak Muda

Dalam kunjungan ini, Komisi IV menemukan faktor utama mengapa ter­jadi kemacetan begitu parah sejak adanya toko baru MC Donald’s yang katanya me­mi­liki kapasitas parkir 22 unit mobil, yakni dikare­nakan adanya Drive True atau pelayanan pelanggan melalui kendaraannya.

“Dalam analisa dampak lalu lintas (Amdal Lalin) ternyata Drive True ini tidak ada, ternyata setelah ber­operasi pihak MC Donald’s menyediakan Drive True yang mengakibatkan lokasi parkir dikurangi. Ini yang menjadi persoalan men­dasar, perizinan tidak sesuai dengan pemanfaatannya,” ungkap Ketua Komisi IV Roni Amriel saat menga­dakan pertemuan dengan pihak MC Donald’s di Lan­tai II toko tersebut.

Baca Juga : Tempat Wisata Ditutup, Warga Padati Taman Kota Siak

Untuk membahas per­so­alan ini, Komisi IV akan se­ge­ra memanggil pihak ter­kait seperti pihak peren­ca­na, Di­nas Perhubungan, Po­lan­tas Pekanbaru, Badan Ling­ku­ngan Hidup, Dinas Ta­ta Ruang dan dinas terkait lain­nya untuk membi­cara­kan per­soalan kemacetan ini. “Da­lam pekan ini akan ki­ta pang­gil untuk men­ca­rikan so­lusi. Apakah nan­ti la­han di se­berang milik pro­vinsi bisa di­gunakan se­men­tara waktu un­tuk par­kir atau ba­gai­ma­na, karena kita tidak mung­kin pula mem­­ber­hen­tikan Drive True, kita tidak akan mem­per­sulit investor, na­mun yang paling diper­hati­kan agar masyarakat yang ber­­be­lanja bisa nya­man, ti­dak ma­cet seperti ini,” ung­kap Ro­ni.

Dalam kesempatan itu, rombongan Komisi IV di­sam­but oleh Restaurant General Manager MC Do­nald’s Ali Akbar Nst. Kepa­da rombongan Komisi IV, ia menceritakan bahwa kema­cetan awal di lokasi bisnis­nya ini disinyalirnya karena adanya libur Natal dan Tahun Baru Masehi 2016. Akan tetapi ternyata sampai hari biasa juga tetap macet.

“Dari awal kita tidak mau meng­ganggu pihak ma­na­­pun, baik pihak tetangga mau­­pun pengguna jalan. Ki­­ta­ sudah tanggapi, terce­pat yang kita lakukan adalah me­­ngambil tindakan de­ngan me­nutup pintu masuk di se­­be­lah kiri, kemudian ma­suk­­nya meling­kar. Sudah ki­ta lakukan tinda­kan untuk me­­ngurangi kema­cetan,” ulas­­nya.

Meski demikian, seba­gai pendatang di Pekanbaru yang ingin berbisnis, pihak­nya siap untuk dibina agar kesalahan yang ada bisa dicarikan solusi. “Kita siap dipanggil Ko­mi­si IV, kita pendatang di sini kita siap dibina,” pung­kasnya. Sidak yang dipimpin Ketua Ko­misi IV Roni Am­riel ini didampinggi sejum­lah ang­go­ta diantaranya Ali Suse­no, Mulyadi, Herwan Nasri, dan Heri Setiawan. (h/ben)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]