Industri Perbankan Diprediksi Tumbuh 12 Persen


Rabu, 06 Januari 2016 - 02:54:04 WIB
Industri Perbankan Diprediksi Tumbuh 12 Persen

“Industri perbankan di­perkirakan ada kenaikan pertumbuhan kredit, men­capai sekitar 12-14% di­bandingkan dengan tahun ini yang hanya diperkirakan sekitar 11%,” kata dia di Jakarta, Selasa (5/1).

Perkiraan tersebut kata dia dengan pertimbangan bank masih akan hati - hati dalam penyaluran kredit sehubungan denga tingginya Non Performing Loan (NPL) atau rasio kredit macet pada tahun 2015 yang menyentuh 3,4%. “Mes­kipun di 2016 diproyek­sikan akan mereda,” ucap dia.

Baca Juga : Ternyata Ini Harta Karun RI yang Bernilai Ratusan Triliun

Perbankan pula, lanjut dia ada risiko yang dihadapi industri bank kemungkinan adalah lemahnya realisasi penyaluran Anggaran Pen­dapatan Belanja Negara (AP­BN) oleh pemerintah, sehingga kurang dapat me­ngakselerasi pertumbuhan.

“Di sisi lain, ada ke­mungkinan Bank Indonesia akan menurunkan suku bu­nganya, sehubungan dengan ren­dahnya inflasi pada ta­hun ini,” jelas dia.

Baca Juga : Berhenti Mogok, Pedagang Daging Sapi Mulai Jualan Hari Ini

Outlook Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mem­­perkirakan per­tum­buhan kredit sepanjang 2016 dapat mencapai 12%-14%.

Sementara itu, industri perbankan optimistis per­tumbuhan dana pihak ketiga (DPK) 2016 diproyeksikan dapat tumbuh 12,7%. OJK sendiri memperkirakan per­tumbuhan DPK se­panjang 2016 dapat tumbuh 13%-15%.  (h/inl)

Baca Juga : Diklat 3 in 1 Batik Tulis Diharapkan Buka Peluang Usaha Baru di Pariaman

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]