Singkong Bakal Jadi Komoditas Utama Pariaman


Rabu, 06 Januari 2016 - 02:54:25 WIB

“Selama 2015, Ke­ca­matan Pariaman Utara sudah mulai menanami singkong seluas empat hek­tare di dua desa yang berbeda yang kemudian langsung dijual ke berbagai daerah di Sumbar,” kata Sekretaris Dinas Pertanian Kota Pariaman Dewi Sastra, di Pariaman, Selasa (5/1).

Menurut dia, jika ma­syarakat setempat serius dalam usaha tersebut, ma­ka Kota Pariaman bisa menjadi daerah penghasil singkong di Sumbar.

Dalam kurun waktu satu tahun terakhir, Ke­camatan Pariaman Utara bisa menghasilkan enam ton singkong yang siap dijual ke berbagai daerah seperti Kota Payakumbuh dan Bukittinggi.

“Kita juga mengap­resiasi langkah yang dila­kukan oleh Camat Pa­riaman Timur bersama masyarakat setempat da­lam hal penanaman sing­kong yang sudah di jual ke berbagai daerah di Sum­bar,” katanya.

Selain itu pemerintah daerah juga mengajak dan mengimbau masyarakat untuk mengajukan pro­posal permohonan ban­tuan bibit singkong ke Dinas Pertanian.

Menurutnya pereko­nomian masyarakat jauh akan lebih berkembang apabila usaha singkong tersebut diolah sendiri kemudian dipasarkan da­lam bentuk kuliner seperti kerupuk ubi dan se­jenis­nya.

“Masyarakat bisa mem­peroleh keuntungan yang jauh lebih besar jika dibandingkan menjual ba­han mentahnya ke daerah lain,” jelasnya.

Terpisah Camat Pa­riaman Timur, Yakirman, mengatakan, pada 2016 pemerintah setempat akan kembali menanami dua hektare singkong di daerah itu.

“Prospek usaha sing­kong ini sangat men­janji­kan, oleh karena itu ma­syarakat terus kita ajak untuk menanami ubi kayu sebagai mata pencarian mereka,” kata dia.

Dikatakanya, untuk Ke­camatan Pariaman Ti­mur terdapat 84 hektare lahan tidur yang siap di­fungsikan oleh ma­sya­ra­kat.

Untuk mendukung per­cepatan perkembangan perekonomian ma­syara­kat, pemerintah setempat berencana membeli mesin gilingan untuk mem­pro­duksi ubi kayu menjadi bentuk makanan lainya.

“Harga mesin gilingan tersebut Rp10 juta, jika sudah ada kita akan lebih mudah untuk mem­pro­duksi makanan dalam ben­tuk lain sehingga pema­saranya pun akan lebih bervariasi,” tam­bahnya.  (h/ans)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 10 Januari 2019 - 12:38:50 WIB

    Di Padang Pariaman, Olahan Singkong Jadi Andalan Ekonomi

    Di Padang Pariaman, Olahan Singkong Jadi Andalan Ekonomi PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM-- Beberapa warga di Sungai Geringgiang, mengolah singkong menjadi kripik dan merambah pasar di berbagai provinsi. Penjualan dari olahan singkong tersebut dapat dijadikan andalan pada saat musi.
  • Jumat, 14 Desember 2018 - 13:24:39 WIB

    Pengembangan Singkong di Padang Pariaman Terkendala Lahan

    Pengembangan Singkong di Padang Pariaman Terkendala Lahan PADANG, PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Luas panen ubi kayu di Kabupaten Padang Pariaman tercatat seluas 338 hektare, Batang Anai menjadi Kecamatan yang paling luas tanaman ubi kayu di antara 17 Kecamatan di Padang Pariaman. Me.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM