Disdik Siap Kerja Sama dengan Pempov Sumbar


Rabu, 06 Januari 2016 - 02:56:25 WIB

Walikota menyatakan ke­­cemasannya, kalau urusan ini dilaksanakan setengah-se­­tengah, bakal mengancam ke­­pada mutu pendidikan SMA dan SMK di Paya­kum­buh. Walikota tak ingin mu­tu pendidikan menengah yang sudah baik selama ini di­ kota ini dikhawatirkan ba­kal melorot lagi. Ia tidak me­nolak peralihan urusan ter­sebut, karena merupakan ama­nah Undang-undang No. 23Tahun 2014, tentang Pe­merintah Daerah. Na­mun, terhadap pengelolaan pen­didikan mene­ngah itu, walikota sangat berharap, agar diurus lebih serius oleh provinsi nanti.

“Tidak hanya bidang pendidikan menengah terse­but yang perlu mendapat perhatian khusus. Terhadap urusan lainnya yang beralih ke provinsi, juga diharapkan lebih baik penanganannya. Seperti kehutanan, penyu­luh KB, penyuluh peri­ka­nan, pengelolaan terminal type B,” ujarnya.

Sekaitan dengan penge­lo­laan SMA dan SMK yang akan beralih itu, menu­rutnya, diakui bakal menam­bah beban kerja dan pem­biayaan provinsi. Dam­pak­nya, jika tidak mendapat support dana yang kuat, walikota khawatir mutu pen­di­dikan sekolah menengah di Payakumbuh akan turun.

Jika ada peluang atau peraturannya, Pemko Paya­kumbuh siap memberikan dukungan pendanaan buat beberapa sekolah unggulan di Payakumbuh. Di anta­ranya, dengan rencana pem­ko menjadikan SMAN 5 menjadi boarding school dan memacu SMKN 4 se­ba­gai sekolah IT terbaik di Sumatera Barat.

Didampingi Kadisdik Payakumbuh H. Hasan Bas­ri, Riza mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, pihaknya fokus menjadikan seluruh SMA dan SMK di Payakumbuh, menjadi seko­lah bermutu dan berakhlak mulia. “Boleh dilihat ke lapangan, seluruh sekolah menengah itu, selain infra­strukturnya yang baik, tata kelolanya pun juga sangat baik, bersamaan dengan peningkatan SDM guru­nya,” tambah wako.

Mutu  pendidikan di Payakumbuh dalam tiga tahun terakhir selalu berada diposisi terbaik di Provinsi Sumatera Barat. Lulusan SMA Payakumbuh sudah cukup banyak diterima di Perguruan Tinggi Negeri, seperti, ITB, UI dan UGM. “Kita tak ingin, jika salah urus mutunya tak sebaik sekarang,” tegasnya.

Dikatakan, untuk men­ja­min kelangsungan pening­ka­tan mutu pendidikan me­ne­ngah, pihaknya mena­war­kan perjanjian ker­jasa­ma an­tara Pemko Paya­kumbuh de­ngan Pemprov Sumbar, da­lam tata kelola sekolah me­nengah ini. ”Dis­dik Paya­kum­­buh ber­sama SKPD ter­kait lainnya, te­ngah me­nyiap­­kan draf per­janjian ker­­ja­sama itu,” pung­kasnya. (h/zkf)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 Januari 2020 - 16:52:46 WIB

    Peringkat Bawah UN Tingkat SMP tahun 2018, Disdik Padang Pariaman Siapkan Strategi Khusus

    Peringkat Bawah UN Tingkat SMP tahun 2018, Disdik Padang Pariaman Siapkan Strategi Khusus PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemkab Padang Pariaman siapkan strategi untuk mengangkat keterpurukan pendidikan berdasarkan hasil UN tahun 2018 tingkat SMP, dimana kabupaten tersebut berada pada rangking papan bawah di p.
  • Kamis, 19 September 2019 - 17:10:19 WIB

    Disdik Limapuluh Kota Kekurangan Guru

    Disdik Limapuluh Kota Kekurangan Guru LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota, Indrawati mengatakan, sekolah-sekolah yang ada di Limapuluh Kota, masih membutuhkan seribuan lagi guru yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN). .
  • Jumat, 24 Mei 2019 - 15:31:14 WIB

    Kadisdik Sumbar Minta Dukungan Daerah

    Kadisdik Sumbar Minta Dukungan Daerah .
  • Rabu, 12 April 2017 - 11:31:21 WIB

    DPRD Segera Panggil Disdik Soal Komputer UNBK

    DPRD Segera Panggil Disdik Soal Komputer UNBK PAINAN,HALUAN—DPRD Sumbar akan segera memanggil Dinas Pendidikan Sumbar untuk mencari solusi penggadaan komputer untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sehingga, tahun depan semua sekolah SMA dan SMK sud.
  • Senin, 07 November 2016 - 00:54:54 WIB

    Atasi Pungli, Disdik Diminta Rancang Sistem Evaluasi

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Upaya perbaikan dan pembenahan terhadap pelayanan birokrasi khususnya di lingkungan pendidikan terus diterapkan Pemkab Limapuluh Kota. Diantaranya, upaya pemberantasan pungutan liar di lingkungan se.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM