Pembangunan Rel Kereta Api

Warga Minta Kejelasan Ganti Kerugian Lahan


Rabu, 06 Januari 2016 - 03:00:57 WIB

Menurut denah dari PT. KAI, terdapat 355 rumah warga yang terancam digusur. 355 rumah itu, 30 rumah berada di Nagari V Koto dan 20 rumah di Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto VII. Di Ke­ca­matan Sijunjung terdapat 261 rumah, sementara Nagari Padang Sibusuk, Ke­ca­matan Kupitan ada 64 rumah.

Ratusan rumah tersebut ber­kemung­kinan besar terancam digusur jika dilihat dari kepentingan proyek itu yang mem­butuhkan lahan 9 hingga 20 meter dari as rel. Beberapa warga mengaku sudah mendapatkan informasi bakal adanya penggusuran jauh hari sebelumnya.

Imran Catio (43), warga Padang Si­bu­suk Kecamatan Kupitan yang rumahnya terkena dampak pembangunan rel tersebut mengatakan, ia sudah mengetahui tentang adanya pembangunan kembali jalur rel itu. Ia mendukung pembangunan itu.

Akan tetapi, menurut Imran yang juga Kepala Jorong Kapalo Koto, Nagari Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan itu, Pemda hendaknya mencarikan solusi bagi warga yang terkena penggusuran, sebab sampai saat ini belum ada lagi kejelasan ganti kerugian dari PT KAI, walau PT KAI sudah mendata pemukiman pen­du­duk yang berada di pinggiran rel tersebut.

“kami tidak tahu apakah lahan kami akan diganti atau dialihkan sesuai dengan pilihan yang ditawarkan oleh PT KAI dulu ketika melakukan pendataan,” ujarnya kepada Haluan, Selasa (5/1).

Rencana penggusuran itu dibenarkan oleh Dinas Perhubungan Kominfo Si­junjung. Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Sijunjung, Ramler mengatakan, istilah ganti rugi sebenarnya tidak ada karena tanah tersebut milik negara. Meski begitu, akan diberikan upah bongkar kepada masyarakat. Bangunan rumah permanen diberikan Rp250 ribu per meter, sementara bangunan rumah semi permanen diberikan Rp200 ribu per meter. Pihaknya telah menyosialisasikan hal itu kepada warga. (h/ogi)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM