Kepala Disprasjaltarkim Sumbar Suprapto

Kelanjutan Jalan Nipah-Teluk Bayur Gagal Tahun Ini


Rabu, 06 Januari 2016 - 03:07:19 WIB
Kelanjutan Jalan Nipah-Teluk Bayur Gagal Tahun Ini

Kepala Dinas Pra­sa­rana Jalan Tata Ruang dan Pe­mukiman (Disp­rasjal­tar­kim) Sumbar Suprapto, Se­lasa (5/1) siang, kepada Haluan mengatakan, un­tuk proyek jalan Nipah-Teluk Bayur belum diusulkan pa­da tahun 2016 ini, karena pada saat pem­bahasan ang­garan, proses pembebasan lahan belum dituntaskan Pemko Padang.

“Pembebasan lahan ba­ru dituntaskan Pemko Pa­dang pada akhir Desember 2015 setelah pembahasan anggaran selesai, sehingga tahun ini memang tidak diusulkan,” terangnya me­lalui sambungan telepon dari Padang.

Untuk awal tahun ini, kata Suprapto, dipastikan tidak akan ada pengerjaan proyek jalan Nipah-Teluk Bayur mengingat dibutuh­kan dana besar.

Diperkirakan setiap 1 kilometer proyek jalan ini menghabiskan dana Rp 10 miliar.

“Minimal untuk proyek ini membutuhkan dana Rp 40 miliar,” ujarnya.

Meski demikian, kata Suprapto, untuk kelanjutan proyek jalan Nipah-Teluk Bayur, Disprasjaltarkim akan mengusulkan di Dana Alokasi Khusus (DAK) tambahan.

“Nantinya akan kita ma­suk­kan ke dalam usulan penanganan jalan Provinsi Sumbar yang akan dibahas di pusat,” pungkasnya.

Sebelumnya, untuk mem­percepat pem­bangu­nan jalan Nipah – Teluk Bayur Pemko Padang telah menyelesaikan pembebesan lahan yang nantinya akan digunakan untuk mega pro­yek tersebut.

Kepala Bagian (Kabag) Pertanahan Pemko Padang Amasrul mengatakan, pro­ses pembebasan lahan telah selesai dilakukan seluruh­nya, sehingga proyek ini sudah bisa dilakukan oleh pihak provinsi.

“Tanahnya sudah bebas seluruhnya. Kemarin me­mang masih ada satu titik yang bermasalah tapi sudah kita selesaikan,” terang Amas­rul kepada Haluan, Senin (4/1) siang.

Pengerjaan jalan Nipah – Teluk Bayur sepanjang 7 kilometer yang dimulai sejak 1990 silam diren­canakan sebagai kawasan wisata yang juga sebagai jalur alternatif untuk pe­mecah macet di kawasan Teluk Bayur.

Jalan ini memiliki arti pen­ting dan menjadi pro­yek strategis Pemprov Sum­bar. Kebe­radaan­nya dapat menjadi jalan pem­buka pengembangan wilayah Ko­ta Padang.

Tak hanya itu, ruas jalan ini juga menjadi salah satu jalur pariwisata di samping penunjang kegiatan eko­nomi masyarakat. Karena itu belum dapat ditentukan apakah jalan ini masuk kategori jalan provinsi atau jalan kota.

Pembuatan jalan Nipah - Teluk Bayur ini diharap juga menjadi pendukung bagi rencana Pemko Pa­dang untuk men­jadikan Gunung Pa­dang menjadi kawasan wisata terpadu yang di­lengkapi dengan fasilitas penginapan, la­pangan golf, pemu­garan kota tua dan pemugaran kawa­san mu­ara Pantai Padang menjadi pe­la­buhan. (h/mg-isr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]