Malaysia Akan Terapkan Pelajaran Anti-ISIS


Rabu, 06 Januari 2016 - 03:10:00 WIB
Malaysia Akan Terapkan Pelajaran Anti-ISIS

Mashable.com mengabarkan Senin (4/1/2015), wakil menteri pendidikan Chong Sin Woon menjelaskan pada wartawan lokal bahwa kerjasama itu akan dimulai tahun ini. Bentuk kerjasama dengan polisi dan badan keamanan Malaysia lainnya itu, antara lain memberi pengajaran, ‘’Agar tercipta kesadaran di antara pelajar tentang bahaya teroris ISIS,’’ tutur Chong Sin Woon.

Meski belum jelas format pengajaran tersebut, namun langkah ini merupakan kerjasama yang pernah dijalin departemen pendidikan dengan jajaran keamanan Malaysia. Upaya ini dilakukan karena makin mening­katkan simpatisan ISIS di antara negara-negara Muslim. Meski Malaysia dikenal moderat namun sejumlah simpatisan ISIS makin merebak akhir-akhir ini.

Menurut data yang dihimpun majalah Foreign Policy, 112 warga Malysia ditangkap karena terlibat kegiatan ISIS. Beberapa di antaranya menjadi pejuang ISIS dan beberapa perempuan Malaysia menawarkan diri sebagai ‘pemuas dahaga’ bagi anggota kelompok militan itu.

Jajak pendapat The Pew Research Center November 2015 lalu, menunjukkan 67% warga Muslim Malaysia menentang ISIS, sedangkan 21% lainnya tidak menen­tukan sikapnya. Selain ISIS, beberapa kelompok militan sejenis banyak didapati di Malaysia.

Pekan lalu Pengadilan Tinggi Malaysia mengadili warga Malaysia pertama yang bergabung dengan Kelompok Al Qaeda. September silam, Malaysia bergabung dalam Koalisi Global Melawan ISIS yang dipimpin AS. (h/inl)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]