Menteri LH Ajukan Banding

Pembakar Hutan Lolos dari Hukuman


Rabu, 06 Januari 2016 - 03:11:46 WIB
Pembakar Hutan Lolos dari Hukuman

“Komisi Yudisial (KY) menghimbau kepada ma­syarakat dan seluruh pihak untuk melihat persoalan secara utuh dan tidak ber­sikap reaktif terhadap pem­be­ritaan yang saat ini me­nge­muka. Hal ini penting un­tuk tetap menjaga mar­tabat hakim serta meng­hormati proses hukum yang sedang berlangsung,” kata juru bicara KY, Farid Wajdi dalam siaran pers yang dite­rima detikcom, Selasa (5/1/2015).

Putusan ini diketok pe­kan lalu dengan majelis hakim yang diketuai Parlas Nababan dengan anggota Aliwarti dan Kartijono.

Baca Juga : Pemerintah Izinkan Seluruh Rumah Sakit Layani Pasien Covid-19, Ini Syaratnya

“KY mengharapkan agar institusi peradilan juga mem­perhatikan aspirasi masyarakat berdasarkan fak­­ta-fakta lapangan me­nge­nai kerusakan ling­ku­ngan yang terjadi,” ujar Fa­rid.

Perkara dimaksud bu­kan semata-mata berada pada lingkup rezim hukum perdata, tetapi juga me­miliki dimensi hukum ling­kungan yang sangat jelas, sehingga pemberlakuan asas-asas hukum ling­ku­ngan maupun keberpihakan kepada alam menjadi wajar untuk dijadikan pegangan.

Baca Juga : Yanuar Prihatin: Hasil Pileg 2019 Sudah Usang, Tak Bisa Dijadikan PT Pilpres 2024

“KY berkomitmen un­tuk proaktif jika terdapat indikasi terjadinya pelang­garan Kode Etik dan Pe­doman Perilaku Hakim terkait perkara tersebut, sesuai dengan kewenangan yang dimiliki KY,” beber Farid.

Atas putusan ini, Men­teri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya telah mengajukan banding. Di sisi lain, dirinya belum menerima salinan putusan sehingga belum mengajukan memori banding ke tingkat pengadilan tinggi. (h/dtc)

Baca Juga : Ini Sebaran 13.695 Kasus Covid-19 di Indonesia per 28 Januari, Jabar Terbanyak dengan 4.532 Positif Baru

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]