Warga Boyolali Temukan Patung Kuno


Rabu, 06 Januari 2016 - 03:12:29 WIB
Warga Boyolali Temukan Patung Kuno SEORANG pengrajin batu bata di Boyolali menemukan sebuah patung kuno saat menggali tanah.

Arca tersebut ditemu­kan oleh Sutardianto dan kawan-kawannya ketika sedang menggali tanah un­tuk bahan baku batu bata di areal persawahan di Desa Kadireso, Kecamatan Teras, Boyolali. Hingga saat ini arca dan temuan-temuan lainnya itu masih berada di lokasi sekitar temuan dan menjadi tontonan warga yang penasaran untuk me­lihat langsung.

Sutardianto segera mela­porkan temuan itu kepada pemilik lahan dan aparat desa setempat, yang kemu­dian segera dilaporkan ke­pada pihak yang berwenang. Namun demikian hingga saat ini Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jateng belum meme­riksa langsung termuan tersebut.

“Ditemukan ketika Se­nin sore kemarin kami meng­gali tanah untuk bahan baku batu bata. Ketika meng­gali sedalam 90 cm, cangkul saya mengenai batu. Setelah digali lagi ternyata diketahui bahwa batu ter­sebut berupa arca manusia utuh. Di sekitarnya juga ditemukan 7 potongan batu persegi yang berbentuk ra­pi,” ujat Sutardianto, Selasa (5/1/2016).

Patung tersebut ber­uku­ran tinggi sekitar 75 cm, lebar 40 cm. Sedangkan 7 potongan batu persegi da­lam ukuran yang berbeda-beda. Melihat bentuknya, diduga arca tersebut meru­pakan arca perujudan dewa yang dibuat pada masa kera­jaan Hindu di Jawa Tengah sekitar abad 8 hingga 10 masehi. Temuan-temuan itu diletakkan tak jauh dari lokasi Sutardianto dan ka­wan-kawannya mencetak batu bata. (h/dtc)







Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 14 Februari 2020 - 19:44:36 WIB

    Dulu Demo, Besok Warga Akan Ikut Lepas Pemulangan WNI di Natuna

    Dulu Demo, Besok Warga Akan Ikut Lepas Pemulangan WNI di Natuna JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah warga di desa Penagi, Kabupaten Natuna, disebut akan ikut melepas kepulangan ratusan WNI yang telah selesai menjalani observasi kesehatan selama 14 hari setelah dievakuasi dari daerah waba.
  • Kamis, 13 Februari 2020 - 19:02:27 WIB

    Resahkan Warga, Ribuan Ternak Babi Ditertibkan

    Resahkan Warga, Ribuan Ternak Babi Ditertibkan MAKASSAR, HARIANHALUAN.COM -- Ribuan ekor ternak babi milik sejumlah peternak di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) ditertibkan. Penertiban ini dilakukan karena limbah kotoran hewan tersebut mengganggu warga sekitar..
  • Sabtu, 08 Februari 2020 - 14:19:37 WIB

    Kisah Iwan, 'WNI' tanpa Kewarganegaraan

    Kisah Iwan, 'WNI' tanpa Kewarganegaraan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Saat usianya baru 12 tahun, Iwan Nursyah kabur dari rumahnya di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Nasib membawanya masuk ke Negara Bagian Sabah, Malaysia, secara ilegal, tanpa dokumen resmi..
  • Sabtu, 08 Februari 2020 - 12:22:42 WIB

    Jembatan Penghubung Sumbar-Bengkulu-Lampung Rampung, Aktifitas Warga Lancar

    Jembatan Penghubung Sumbar-Bengkulu-Lampung Rampung, Aktifitas Warga Lancar BENGKULU, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III Padang Ditjen Bina Marga telah menyelesaikan Pembangunan Jembatan Manula yang menghubung.
  • Sabtu, 08 Februari 2020 - 11:21:52 WIB

    Heboh Corona, Indonesia Setujui Pesawat China Jemput Warganya di Bali

    Heboh Corona, Indonesia Setujui Pesawat China Jemput Warganya di Bali JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Udara telah menerbitkan persetujuan terbang bagi pesawat dari Repblik Rakyat Tiongkok (RRT) untuk menjemput warga negaranya yang masih berada di .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM