UMKM Sumbar Kurang Promosi


Jumat, 08 Januari 2016 - 03:29:35 WIB

“Produk Sumbar bukan tidak ada yang bisa dibawa untuk bersaing dalam MEA. Banyak produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) Sumbar yang berkualitas namun minim promosi,” ujarnya kepada Haluan Ra­bu (6/1) siang melalui sam­bungan telepon.

Seperti produk sepatu dan tas kulit Sumbar kata Asnawi, sebenarnya memi­liki kualitas yang tidak kalah dengan produk luar yang sejenis. Tapi keterbatasan promosi membuat produk ini hanya tersebar dalam negeri saja. “Selain promosi ke­ter­se­diaan bahan mentah ju­ga menjadi kendala. Se­hingga sulit untuk eks­por,” pa­parnya.

Karipik balado dan ber­bagai jenis pangan asal Sum­bar sebenarnya juga bisa menjadi andalan untuk bisa bersaing di pasar global. Namun, kebersihan, packa­ging, sertifikasi, dan tahan dalam jangka waktu lama masih menjadi tantangan.

Dengan alasan ini ujar Asnawi produk Sumbar saat ini hanya mampu bertahan dari gempuran produk lain dari negara tetangga. “Ber­tahan saja  itu sudah cukup kalau pun belum mampu untuk masuk ke pasar glo­bal,” terangnya.

Dalam beberapa per­temuan dengan pemerintah pusat katanya Kadin sempat mengusulkan untuk meng­kaji lagi terkait pasar bebas Asean. Karena kalau dilihat dari kesiapan Indonesia atau bahkan Sumbar belum optimal.

“Jadi kami minta peme­rintah mengkaji lagi apakah ini akan membawa mudarat yang besar atau bahkan kebaikan. Kalau lebih ba­nyak kemudaratan harus dikaji lagi,” pingkasnya.

Namun demikian un­tuk jangka panjang Sumbar de­ngan produk ung­gu­lan­nya bisa bersaing di pasar glo­bal, asalkan pihak pe­me­­rintah dan stakeholder ter­kait termasuk Kadin bisa berbenah untuk mem­beri­kan pelatihan, work­shop, seminar, pameran produk sehingga dari segi kualitas dan juga kuantitas produk bisa meningkat. (h/mg-isr)







Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 09 Februari 2020 - 15:43:49 WIB

    Pelaku UMKM di Pasaman Butuh Keberpihakan Pemerintah

    Pelaku UMKM di  Pasaman Butuh Keberpihakan Pemerintah PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, membutuhkan keberpihakan pemerintah setempat dalam mengembangkan usaha yang ditekuninya..
  • Kamis, 06 Februari 2020 - 08:33:17 WIB

    Makin Canggih..! Kominfo Rangkul PSE Kembangkan UMKM Go Online

    Makin Canggih..! Kominfo Rangkul PSE Kembangkan UMKM Go Online JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong perusahaan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dan over the top (OTT) untuk mendukung pengembangan UMKM Go Online..
  • Jumat, 31 Januari 2020 - 22:14:17 WIB

    Wah, Bakal Ada 'Kasbon' untuk Anggota Forum UMKM Sumbar

    Wah, Bakal Ada  'Kasbon' untuk Anggota Forum UMKM Sumbar PADANG,HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumbar  Nasrul Abit  mengukuhkan Kepengurusan Forum UMKM periode 2020-2023, Jumat (31/1/2020)..
  • Kamis, 09 Januari 2020 - 09:08:23 WIB

    Kabar Gembira..! UMKM Bakal Gratis Urus Sertifikat Halal

    Kabar Gembira..! UMKM Bakal Gratis Urus Sertifikat Halal JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa pemerintah memberikan insentif bagi pelaku usaha mikro kecil yang ingin mendapatkan sertifikat halal untuk produknya. Hal itu menjadi kepu.
  • Jumat, 03 Januari 2020 - 21:13:12 WIB

    Forum UMKM Pasbar Ajang Pemasaran Produk Unggulan

    Forum UMKM Pasbar Ajang Pemasaran Produk Unggulan PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Forum Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Pasaman Barat yang beranggotakan ratusan orang tersebut ambil bagian dalam kegiatan Pasbar Expo yang ke-16. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM