Pessel Evaluasi UKM


Sabtu, 09 Januari 2016 - 02:40:50 WIB

Kepala Dinas UKM Ko­­perasi Perindustrian Per­­dagangan dan Pasar (UK­M Koperindagpas) Pe­sisir selatan, Erdianto di Painan, Kamis, me­ngata­kan, hal itu dilakukan guna melihat sejauh mana dam­pak bantuan yang diberikan pemerintah ataupun pihak lainnya selama ini terhadap pelaku UKM yang ada.

Dari evaluasi ini nan­tinya pemkab dapat melihat sejauh mana dampak ban­tuan yang diberikan oleh berbagai pihak kepada UK­M tersebut dan upaya se­lanjutnya yang akan dila­kukan terhadap UMKM itu, katanya kemarin.

UKM yang ada saat ini umumnya bergerak pada sektor usaha kecil atau sekitar 75 persen dari semua sektor usaha yang ada, si­sanya usaha menengah. Un­tuk menggerakkan berbagai usaha yang digelutinya, pengusaha tersebut se­ring­kali terkendala oleh minim­nya modal yang dimiliki.

Hingga kini UKM yang aktif dan tercatat di Dinas UKM Koperindagpas kabu­paten setempat sebanyak 1.545 UKM tersebar di 15 kecamatan yang ada di ka­bupaten itu.

Dalam menggerakan ro­da usahanya, pemkab se­tem­pat terus melakukan pembinaan dengan me­man­tau dan memberi dukungan melalui berbagai bantuan modal usaha. Selain uang kontan, pe­merintah kabu­paten juga terus berupaya melakukan pembinaan den­gan mem­berikan bantuan berupa peralatan dan kemasan lain­nya untuk pendukung ber­bagai produk dari usaha masing-masing pemiliknya.

Berbagai bantuan ter­sebut diberikan melalui berbagai kelompok usaha dan perorangan seperti hal­nya kelompok usaha pem­buatan ikan teri, pembuatan makanan ringan dan ber­bagai usaha industri ru­mahtangga lainnya.

Ia berharap, ke depan berbagai UKM yang ada saat ini dapat maju dan berkem­bang sehingga dapat me­nye­jahterakan pemilik usaha itu sendiri. Bantuan yang di­berikan berbagai pihak ke­pada UKM itu selama ini agar dapat di­man­faatkan semak­simalnya untuk menghidup­kan usa­hanya.

Lismaneli (36) pemilik usaha keripik pisang di Pesisir Selatan mengatakan, pemilik usaha kecil dan menengah di kabupaten itu umumnya terkendala oleh minimnya modal yang dimi­liki dalam mengembangkan usahanya.

Selain itu pihaknya juga membutuhkan pelatihan un­tuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan bantuan peralatan serta pemanfaatan teknologi baru untuk me­nunjang kualitas usahanya. (h/ans)







Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 14 Februari 2020 - 21:35:58 WIB

    Pessel Targetkan IB Sapi Tahun Ini 11.750 Ekor

    Pessel Targetkan IB Sapi Tahun Ini 11.750 Ekor PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatra Barat pada 2020 menargetkan Inseminasi Buatan (IB) sebanyak 11.750 bibit sapi unggul. Ternak sapi sebelum dilaksanakan.
  • Ahad, 26 Januari 2020 - 18:49:27 WIB

    Mutu Kopi Nagari Koto Rawang Pessel Terus Ditingkatkan

    Mutu Kopi Nagari Koto Rawang Pessel Terus Ditingkatkan PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Nagari Koto Rawang, Kecamatan IV Jurai Pessel terus berupaya meningkatakn kualitas bubuk kopi di daerahnya. Tujuannya untuk menjamin mutu kopi tetap semakin diminati konsumen. Hal ini dis.
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 12:24:07 WIB

    Harga Karet di Pessel Masih Rendah

    Harga Karet di Pessel Masih Rendah PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Hasil komunitas Karet menuai harga yang tidak setimpal dengan kebutuhan sehari-hari, khususnya Kenagarian Lagan, Kecematan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel)..
  • Ahad, 11 Agustus 2019 - 18:31:11 WIB

    Wah..!! Harga Cabai Kian Panas, di Pessel Sampai Rp100 Ribu per Kilogram

    Wah..!! Harga Cabai Kian Panas, di Pessel Sampai Rp100 Ribu per Kilogram PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H, ternyata harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Pesisir Selatan ikut meroket. Pantauan Haluan di pasar tradisional Surantih, Kecamatan Sutera harga cabai .
  • Selasa, 28 Mei 2019 - 12:25:40 WIB

    Jaringan 4G Plus Indosat Makin Luas, Kini Pessel Bagian Selatan Bisa Nikmati Internet Cepat

    Jaringan 4G Plus Indosat Makin Luas, Kini Pessel Bagian Selatan Bisa Nikmati Internet Cepat PADANG, HARIANHALUAN.COM - Indosat Ooredoo membuktikan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas jaringan dan pelayanan dalam mendukung kegiatan digital di Sumatera Barat. Saat ini Indosat baru saja melakukan penambahan B.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM