Pemko Padang Butuh Depo Arsip


Sabtu, 09 Januari 2016 - 03:00:20 WIB

“Kami memang sedang mengusulkan untuk pem­buatan depo arsip, mudah-mudahan Kota Padang se­gera memilikinya,” kata Kepala Kantor Arsip Per­pus­takaan dan Dokum­en­tasi Kota Padang Swesti Fanloni di Padang, Kamis.

Ia mengatakan Padang memang membutuhkan de­po arsip karena selama ini belum ada penyimpanan khusus untuk arsip, padahal arsip merupakan dokumen yang sangat penting.

Selama ini arsip di sim­pan di lantai empat Balai Kota Padang dan hanya be­be­ra­pa persen yang di­tam­pilkan di galeri, bertempat di kantornya bersebelahan dengan kantor Dinas Ke­pendudukan dan Pencatatan Sipil.

“Arsip yang ditampilkan di galeri merupakan do­kumen asli arsip statis, akan tetapi sudah ada beberapa yang diduplikat,” jelasnya.

Selain itu, kantor arsip yang berada di pusat kota dan dekat dengan Pasar Raya Padang membuat kan­tor tersebut rentan dengan kebakaran dan ancaman lainnya.

Pengelola galeri arsip Marshaleh mengatakan kan­tor arsip perpustakaan dan dokumentasi rentan terhadap banjir saat hujan deras.

“Cukup sering juga ga­leri ini kemasukan air saat hujan, untungnya rak-rak galeri sedikit ditinggikan jadi tidak terkena air,” ung­kapnya.

Untuk itu, ia berharap rencana untuk membuat depo arsip segera terealisasi. “Karena arsip merupakan dokumen yang sangat pen­ting dan harus disela­mat­kan,” kata dia. (h/*)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]