Pemanfaatan Dana Desa

Nagari Campago Rehabilitasi Rajang


Senin, 11 Januari 2016 - 02:49:50 WIB

Rajang ini  menghubungkan Korong Padang Manih -Campago. Kondisi rajang sebelum diperbaiki sangat rusak berat, sejak dari lantai rajang yang terbuat dari kayu hingga fondasi rajang yang bergohong atau berlobang dihantam erosi sungai Batang Dareh.

Perbaikan sudah dilaksanakan sejak November 2015 lalu, sampai kini pekerjaan sudah mendekati 90 persen. “Pekerjaan tersendat bila kondisi hujan. Bila hujan lebat kita tidak dapat melaksanakan kegiatan pekerjaan secara full,” kata pelaksana lapangan Mukhlis menjawab Haluan, Kamis (7/1).

Pekerjaan dilaksanakan dengan dana Rp31 Juta dari Anggaran Desa/Nagari Campago, Kecamatan V Koto Kampung Dalam. Selama pekerjaan berlangsung, jalan rajang tidak ditutup, dan tetap berfungsi sebagaimana biasa, karena akses ini sangat bermanfaat bagi warga dan ana sekolah.

Sementara Walinagari Campago Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Sumarjon, menjelaskan hampir 80% dana desa dimanfaatkan untuk pembangunan nagari melalui korong-korong yang ada di nagari. “Pembangunan yang dilaksanakan tersebut tentu yang tidak terjangkau oleh dana APBD kabupaten,” katanya.

Di nagari Campago, ada 4 rajang atau jembatan gantung yang dimanfaatkan warga sebagai sarana memperlancar transportasi, untuk saat sekarang, 2 rajang yang sedang dalam perbaikan, dua lagi masih layak untuk dipakai. Kita ada dua sumber dana untuk pembangunan nagari, yaitu dari pusat yakni dana ADD dan dari APBD Kabupaten Padang Pariaman ADN.

 “Dari pusat kita dapat ADD Rp320 juta dan dari APBD atau ADN sebanyak Rp185 Juta. Dana-dana tersebut untuk kemajuan pembangunan di nagari dalam pelayanan kemasyarakat,” kata Sumarjon. (h/tri)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM