Pasca Pilkada

Fraksi DPRD Limapuluh Kota Pecah


Senin, 11 Januari 2016 - 02:59:37 WIB

Tak hanya gugatan ter­hadap hasil Pilkada yang sampai ke meja Mahkamah Konstitusi, melainkan dam­pak dari Pilkada turut ber­imbas di gedung DPRD Limapuluh Kota.

Buktinya saja terhadap fraksi-fraksi yang ada DP­RD Kabupaten Lima­puluh Kota terkesan pecah kong­si.”Memang ada penam­bahan fraksi di de­wan,” terang Desri Sekretaris DP­RD Kabupaten Limapuluh Kota  pada Jumat (8/1) malam di Payakumbuh. Pe­nambahan fraksi tersebut dilakukan saat pembahasan paripurna internal DPRD Kabupaten Limapuluh Ko­ta, Jumat (8/1) lalu.

Sebelumnya, di  DPRD Kabupaten Limapuluh Kota terdapat 7 fraksi. Yakni Fraksi Golkar, Fraksi De­mokrat, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi PPP, Fraksi Perjuangan Nurani Rakyat (PDIP-Partai Ha­nura) dan Fraksi Ke­bang­kitan Bintang Keadilan (PK­B-PBB-PKS).

Tetapi semenjak Jumat kemarin,  jumlah fraksi di DPRD Kabupaten Lima­puluh Kota resmi bertam­bah menjadi 8 fraksi. Be­berapa partai politik yang tergabung dalam fraksi se­belumnya, menarik diri ke­luar dan membentuk fraksi baru.

Yakni Partai Hanura yang sebelumnya tergabung dengan PDIP keluar dan membentuk fraksi sendiri. Kemudian, PKB yang se­belumnya tergabung dengan PBB dan PKS juga ikut keluar dari fraksi mereka. PKB malah bergabung de­ngan PDIP yang diting­galkan oleh Partai Hanura.

Sedangkan PBB dan PK­S tetap berkoalisi di satu fraksi.  Dengan demikian, di DPRD Kabupaten Lima­puluh Kota resmi menjadi 8 fraksi. Yakni Fraksi Golkar, Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Frak­si PPP, Fraksi Hanura, Frak­si PDIP-PKB, Fraksi PBB-PKS.

Pada Pilkada lalu, Partai Hanura merupakan partai pengusung Azwar Ches­putra-Yunirwan Khatib. Sedangkan PDIP pengusung pasangan Irfendi Arbi-Fe­rizal Ridwan. Sebelum Pil­kada, kedua partai ini, Ha­nura dan PDIP merupakan satu fraksi.

Begitu juga antara PKB, PBB dan PKS yang dahulu sangat harmonis di satu fraksi. PKB merupakan par­tai pengusung pasangan Irfendi Arbi-Ferizal Rid­wan. Sedangkan PBB dan PKS  partai pengusung Az­w­ar Chesputra-Yunirwan Khatib. Setelah Pilkada, fraksi dari 3 partai ini akhir­nya kandas.(h/ddg)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM