Walikota Pantau Kota dengan Bersepeda


Senin, 11 Januari 2016 - 03:21:41 WIB
Walikota Pantau Kota dengan Bersepeda Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo memantau kota dengan menaiki sepeda, Sabtu lalu. (HUMAS)

Bersama rombongan ko­mu­nitas Surau TV dan “Go­wes Lapau Sutan”, walikota memulai start dari rumah dinas di Jalan A. Yani sekitar pukul 06.30 Wib.

Dari sana rombongan terus menuju jalan Sudirman, Ra­suna Said, terus ke Khatib Sulaiman. Rombongan terus bergerak ke Air Tawar dan Simpang Tabing.

Di Simpang Tabing ini, rombongan berbelok ke kanan menuju Lubuk Minturun. Se­sampai di Simpang Dua Lubuk Minturun, rombongan ber­belok ke kiri hingga akhirnya sampai di Kelurahan Banda Gadang, jalan tembus menuju Solok.

Selama di perjalanan di atas sepeda, walikota mengaku banyak hal yang dijumpai sebagai bahan masukan. Di­antara­nya sampah yang ber­serakan di depan rumah ma­sya­rakat. Begitu juga di kon­tainer sampah.

“Saya ingin di depan rumah warga sampah sudah bersih pada pagi hari, jadi petugas bekerja malam. Tadi saya juga sempat temui kendaraan pe­ngangkut sampah yang baru berangkat,” kata Mahyeldi.

Dikatakan Mahyeldi, de­ngan bersepeda banyak nilai positif yang didapat. Selain dapat melihat kondisi kota, biaya pun murah. Keber­sama­an juga terjalin erat.

Walikota mengaku juga sempat berhenti beristirahat saat di tengah perjalanan. Rom­bongan berbelanja dan ber­cerita dengan pedagang.

“Selain sehat, bersepeda juga dapat menggerakkan UM­KM serta dapat berdiskusi de­ng­a­n masyarakat,” paparnya.

Menurut Walikota, ber­sepeda juga dapat mengurangi kemacetan dan menghemat pengeluaran. Selama ini ma­sya­rakat selalu terbiasa hidup boros dengan sepeda motor. “Jarak 500 meter saja pakai motor, padahal bisa dengan sepeda atau jalan kaki. Aki­bat­nya tentu belanja negara ter­hadap BBM menjadi me­ning­kat karena pemborosan yang kita lakukan,” hemat Mahyeldi.

Sementara itu, Happi Diaz yang juga ikut dalam kegiatan bersepeda bersama Walikota ini mengatakan bersepeda dalam rangka mengajak ma­sya­ra­kat untuk lebih mempererat sila­tu­rahmi. Serta mengajak masya­ra­kat agar tetap menjaga ke­bugaran.

Ketua ‘Gowes Lapau Su­tan’, Edi Warman menuturkan peserta sepeda santai itu terdiri dari berbagai kalangan. Mulai dari mahasiswa hingga pen­siunan. “Kegiatan ini cukup menarik dan menyehatkan,” ujarnya. (h/ows)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM