Implementasi ABS-SBK

Nagari Koto Baru Gelar Diskusi Panel Bagi Ninik Mamak


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:11:14 WIB

Kegiatan yang digelar di aula pertemuan Kantor Wali nagari Koto Baru itu, dihadiri oleh Wali Nagari Koto Baru, Ketua BMN dan diikuti setidaknya oleh sekitar 40 orang ninik mamak yang berada di bawah payung Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Baru . Sementara untuk panelis menghadirkan DR. Helmi Hasan dari UNP yang mengupas persoalan adat dan budaya Minangkabau dan Drs.H.Afdhal A Saad untuk kajian masalah Syara’ atau hukum Islam.

Dari diskusi yang berjalan alot itu terungkap, sejak pergantian sistem pemerintahan pada masa Orde Baru, tatanan pemerintahan terendah di Sumatera Barat pun berganti. Dari sistem dan pola pemerintahan Nagari kepada sistem pemerintahan desa dan kelurahan. Kondisi ini juga berdampak terhadap pergeseran fungsi dan peran ninik mamak pemangku adat yang dulunya merupakan unsur dalam pemerintahan nagari, kemudian digantikan oleh peran lembaga ketahanan masyarakat desa (LKMD).

Namun sejak era reformasi, pemerintah Sumatera Barat kembali mencanangkan gerakan babaliak banagari. Namun lantaran sisitem dan tatanan yang telah berubah sejak zaman Orde Baru, upaya keras untuk mensosialisasikan sistem pemerintahan nagari jaman dulu itu terus dilakukan. “ Hal ini disebabkan, banyak generasi muda sekarang yang menjadi pemangku adat, tidak begitu merasakan perannya, karena adanya pergeseran-pergeseran nilai itu,” kata Adi Arisman Dt Bandaro Hitam salah seorang ninik mamak yang juga ketua BMN Koto Baru.

Sementara itu, sekretaris Nagari Koto Baru Mardaus,M S.Ag menyebutkan, melalui kegiatan itu diharapkan terjalinnya sinergi antara pemerintah nagari dengan para ninik mamak dalam mewujudkan pemerintahan yang baik, dengan mengimplementasikan falsafah ABS-SBK di tengah masyarakat. “Kegiatan ini dibiayai dengan dana desa, rencananya akan kita adakan tiap tahun. Karena sesuai peruntukannya dana ini 70 persen untuk pembangunan fisik dan 30 persen untuk pembangunan SDM,” kata Mardaus. (h/ndi)







Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM