Awal Tahun, ASN Tidak Boleh Berleha-leha


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:13:33 WIB

Meski anggaran untuk pelaksanaan kegiatan belum dicairkan, namun masa awal tahun sejatinya menambah motivasi baru bagi para ASN bisa menyiapkan pro­gram yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Jangan kerja berbasis pada anggaran, karena ala­san anggaran belum cair, program belum berjalan. Namun tak mesti berleha-leha, karena banyak yang bisa dikerjakan,” tegas Pj Bupati Solok Devi Kurnia di Arosuka, Jum’at ( 8/1) ke­maren.

Pihaknya sampai me­ne­gas­kan demikian lantaran, momen masuknya tahun baru seringkali akan diawali dengan datangnya masa mem­bosankan, karena tak ada kesibukan untuk me­laksanakan program kegia­tan di masing-masing SKPD. Karena hingga tiga bulan kedepan dalam waktu Ja­nuari hingga Maret APBD belum bisa dicairkan, se­hing­ga banyak program kegiatan di SKPD yang belum ber­jalan.

Kondisi ini seringkali dimanfaatkan oleh para abdi negara untuk santai kan­tor­nya. Banyak yang datang ha­nya sekadar untuk mengisi absen. Sementara bagi me­reka yang jenuh, nekat un­tuk bolos kerja, “ Ke­tentuan dan aturan bagi ASN itu jelas. Tetap harus bertugas sesuai dengan tu­poksinya. Kalau melanggar ada sank­sinya juga,” tegas Devi Kurnia.

Bahkan menurut Asisten I Sekda Provinsi Sumbar ini, dengan situasi seperti ini, seharusnya waktu bagi para abdi negara untuk me­ma­tang­kan persiapan berbagai program kegiatan. Sehingga ketika ketika waktu pe­lak­sanaanya nanti tidak ketar-ketir.” Kalau datang hanya sekedar untuk mengisi ab­sen, kan sayang waktu ter­buang. Ada baiknya tetap bekerja demi negara, apa­pun itu, yang penting ber­manfaat,” jelasnya.

Menurutnya, para pe­gawai harus tetap men­jun­jung tinggi integritas sesuai dengan amanah yang di­emban sebagai aparatur ne­gara. Hal ini diwujudkan dengan tetap menjalankan tugas sesuai pro­fesio­na­lisme bidang masing-ma­sing. “Orang yang punya nilai, kalau tidak diawasi akan tetap bekerja pro­fesional. Mereka akan se­lalu pro­duktif karena be­kerja sesuai dengan ke­yakinan yang di­mi­likinya,” imbuhnya. (h/ndi)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]