50 Hektare Hutan Lindung di Panti Dibabat Warga


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:25:17 WIB

Hal itu diceritakan kembali oleh Sodikin Nursewan, anggota DPRD Pasaman. Ia menga­takan, bahwa hutan lindung di kawasan Panti- Duo Koto su­dah memprihatinkan.

“Jika tidak segera ditindak, hutan lindung hanya tinggal nama. Lahan dan hutan yang kini dijadikan area perladangan sewaktu-waktu dapat me­nim­bulkan malapetaka, seperti ben­cana banjir bandang,” ujar­nya.

Ia meminta Dinas Kehu­ta­nan setempat untuk segera me­nertibkan. Jika tidak diter­tib­kan maka dapat mengancam pe­mukiman warga,” pung­kas­nya.

Sementara itu, Kepala Di­nas Kehutanan Kabupaten Pa­sa­man, Yozarwardi, Senin (11/1) menyebutkan, pihaknya telah mendata warga yang berladang di lokasi itu.

Dari catatan Dishut, ada sekitar 60 orang yang berladang di lokasi itu dengan luas lahan yang ditebangi sekitar 50 hektar yang telah ditanami dengan karet dan kakao.

Pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mela­kukan pelarangan. “Kami telah melakukan berbagai upaya. Pernah dulu dipasang papan larangan, tapi papan itu hilang kemudian. Lalu, kami lakukan pembinaan dan patroli oleh Polhut. Kami juga telah mengu­mumkan kepada masyarakat setempat untuk tidak berladang di sana,” paparnya.

Yos melanjutkan, pihaknya juga turun bersama Dishut Provinsi ke kedai dekat pela­dangan itu.

Tindakan terakhir, kata Yozarwardi, kalau juga tidak mau mengindahkan peringa­tan-peringatan Dishut, pihak­nya akan melakukan penegakan hukum. Warga bisa saja dike­nakan Undang Undang Nomor 18 Tahun 2013 Tentang P3H. Hukuman Undang-Undang itu lebih keras dari Undang Un­dang Nomor 41 tahun 1999.

Anehnya, kata Yoz, pihak­nya mendapati informasi ada oknum yang melakukan jual beli lahan di area kawasan hutan lindung tersebut. Oknum ini, tegas Yoz, sudah bisa diusut dan dikenai pidana sesuai aturan berlaku.

“Upaya persuasif yang dila­ku­­kan selama ini sudah dirasa cu­­kup, namun tidak diindahkan oleh mereka. Jika sudah de­mi­kian, tindakan tegas akan dila­kukan meski mereka ada­lah warga kami,” tutup Yoz. (h/col)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM