UN 2016 Tetap Masih Tanggung Jawab Daerah


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:26:17 WIB

Kepala Disdikbud Sumbar, Syamsulrizal mengatakan, kewenangan SMA/SMK menjadi tanggungjawab provinsi, baru efektif berlaku pada 1 Januari 2017 mendatang.

“Serah terima aset SMA/SMK kepada pemerintah provinsi baru akan dilakukan pada Oktober mendatang. Jadi, tahun ini SMA/SMK masih kewenangan pemerintah kabu­paten/kota,” ujarnya, saat dihubungi Haluan, Senin (11/1).

Sedikitnya, pada pelaksanaan UN tahun depan, ada 493 SMA/SMK di bawah ko­or­dinasi Disdikbud Sumbar. Hal ini sejalan de­ngan arahan pemerintah pusat bahwa SMA/SMK negeri nantinya harus menajadi tanggung ja­wab provinsi, bahkan gurunya juga digaji oleh provinsi.

Ia menuturkan, ada tiga ujian yang akan dilakukan pada tahun ini, di antaranya ujian perbaikan UN 2015 yang akan dilakukan pada akhir Februari nanti. Ada 2.600 orang peserta dari 53 sekolah di 19 kabupaten/kota yang akan mengikuti ujian perbaikan ini. Pelaksaan ujian itu pun maish diatur oleh dinas pendidikan kabupaten/kota.

Setelah ujian perbaikan UN 2015, lanjut Syamsurizal, akan digelar UN tingkat SMA/SMK tahun 2016 pada 4 April hingga 6 April. Untuk ujian susulan bagi siswa yang bermasalah, akan langsung dilakukan minggu berikutnya pada 11, 12 dan 13 April 2016. Lalu, pada pada November, akan dilakukan ujian perbaikan UN tahun 2016. Sementara untuk pelaksanaan UN SMP, MTs sederajat akan dilaksanakan pada 9 hingga 11 Mei 2016. Sedangkan untuk ujian UN susulan SMP akan dilakukan pada 16 sampai 18 Mei 2016.

“Untuk cetak UN tahun ini, kami tidak lakukan lagi di Sumbar seperti tahun lalu oleh PT. Grafika Jaya Sumbar. Tahun ini akan dicetak di Semarang oleh PT. Pura,” imbuhnya. (h/mg-isr)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM