Proyek Asal Jadi Oleh Kontraktor Luar Sumbar

Lampu Lalu Lintas di Pasbar Bahayakan Masyarakat


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:27:27 WIB

Jika dilihat kasat mata, fisik lampu lalu lintas itu sudah bagus, seperti lampu lalu lintas di kota-kota besar. Selain lampu warna hijau, kuning dan merah yang terpajang, juga ada layar monitor yang selalu mem­berikan insformasi seputar tertib lalulintas, termasuk pertanda lampu merah akan berubah jadi hijau. Akan tetapi, justru di sana terletak masalahnya, karena infor­masi yang diberikan layar itu tak sesuai dengan tanda lampu.

“Di layar sudah ada tan­da siap-siap berjalan “5,4,­3,­­2,1”, tapi lampu masih me­rah juga. Semestinya, kalau su­dah angka 1 pada layar, lam­pu langsung hi­jau. Ini su­dah dua kali siap-siap, ta­pi lampu masih merah ju­ga,” kata Alim, salah se­orang pengendara motor ke­pada Haluan, Se­nin (11/12).

Akibat ketidak sesuaian informasi anatara layar dan lampu itu, Alim mengaku hampir tertabrak dari bela­kang, sebab semula ia sudah menjalankan sepeda motor­nya, lalu harus mengerem mendadak kembali, karena lampu masih merah.

“Ada dua jalur yang me­ma­kai layar, yakni dari arah Kinali dan dari arah Ujung Gading. Kedua-duanya me­nga­lami masalah yang sa­ma,” tuturnya.

Ia berharap, dinas ter­kait segera memperbaiki lampu lalu lintas tersebut karena akan mengainaya masyarakat dan membuat malu Pasaman Barat. Warga yang datang dari luar Pasbar akan tertawa melihat proyek asal jadi itu.

Kepala Dinas Perhu­bungan dan Informatika Pasaman Barat, Bobi P Riza saat dikonfirmasi, mem­benarkan kondisi lampu lalu lintas di Bundaran Sim­pang Empat itu.

Pihaknya sudah ber­ulang kali menghubungi rekanan yang mengerjakan proyek tersebut, tapi reka­nan tak merespon hal itu.

“Kami sudah mem­beri­kan teguran pertama, tapi tidak ada respon. Kabarnya, proyek lampu lalu lintas itu dikerjakan oleh rekanan dari luar Sumbar. Memang, sepertinya, perangkat lunak (software) yang diberikan rekanan itu tidak asli,” kata Bobi P Riza.

Kendati demikian, pi­hak­nya saat ini terus beru­sa­ha menghubing rekananan tersebut karena proyek ter­se­but masih dalam tanggung jawab rekanan dengan masa pemeliharaannya.

“Kami juga menyadari ketidak beresan lampu lalu lintas itu. Tapi itu masih dalam masa pemiliharaan. Teguran pertama sudah ka­mi layangkan kepada pe­ru­sa­haan rekanan,” tukasnya. (h/dka)







Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 15 Desember 2019 - 18:29:21 WIB

    Lampu Pengatur Lalu Lintas Simpang Apar Pariaman Rusak Lagi

    Lampu Pengatur Lalu Lintas Simpang Apar Pariaman Rusak Lagi PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Traffic light atau lampu pengatur lalu lintas di Simpang Apar Kota Pariaman rusak lagi. Lampu pengatur lalu lintas yang rusak itu dari arah Ampalu menuju Cubadak Air Pariaman Utara, sementata empa.
  • Rabu, 11 Desember 2019 - 19:19:00 WIB

    Jembatan Gandoriah Tacelak Dipasangi Lampu Warna-warni

    Jembatan Gandoriah Tacelak Dipasangi Lampu Warna-warni PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Jembatan Gandoriah di dekat dermaga kapal untuk berwisata ke Pulau Angso Duo Kota Pariaman, tampak tacelak. Keindahan tampak pada jembatan ini karena sudah dibenahi pihak terkait di Kota Pariaman..
  • Kamis, 26 September 2019 - 13:47:23 WIB

    Lampu Pengatur Lalu Lintas Simpang Sudirman Pariaman Tak Berfungsi

    Lampu Pengatur Lalu Lintas Simpang Sudirman Pariaman Tak Berfungsi PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat dan pengguna jalan minta lampu pengatur lalu lintas (traffic light) di Simpang Empat Jalan Sudirman Kota Pariaman difungsikan lagi, karena sudah hampir dua minggu lampu itu mati..
  • Ahad, 30 Juni 2019 - 16:11:24 WIB

    Dekranasda Lampung Tengah Kagumi Produk Khas Bukittinggi

    Dekranasda Lampung Tengah Kagumi Produk Khas Bukittinggi BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lampung tengah, mengaku kagum dengan hasil kerajinan dan produk khas daerah Kota Bukittinggi, terutama sekali kerajinan bordir kerancang .
  • Senin, 26 Februari 2018 - 02:01:01 WIB

    Lampu Gerbang Kota Pariaman Banyak Rusak

    Lampu Gerbang Kota Pariaman Banyak Rusak PARIAMAN, HALUAN - Lampu hias sebagai penerangan pada Gerbang Kota Pariaman di Desa Padang Biriak-biriak, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman jumlahnya kian berkurang karena rusak. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM