Jadi Saksi Jero Wacik

Wapres Belum Putuskan Hadir


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:37:33 WIB

Sebelumnya, Jero me­ngungkapkan Kalla bersedia hadir dalam persidangan dan bertindak sebagai saksi meringankan baginya. “Ya kita lihatlah masih satu dua hari lagi,” ujar Kalla di kantor Wakil Presiden, Ja­karta, Senin (11/1/2016). 

Kalla mengakui bahwa permintaan saksi yang meri­ngankan bagi Jero telah di­terimanya. Namun, dia ingin terlebih dulu melihat per­­kembangan kasus terse­but. Sebagai mantan atasan Jero, Kalla mengaku me­nge­­tahui berbagai hal positif mantan anak buahnya itu. 

“Ya kita lihat per­kem­ba­­ngannya. Pertama, saya se­ba­gai bekas mantan Wa­pres sa­­at dia menteri ya tentu kan ada hal-hal yang positif. Jadi ki­­ta lihat saja deh nanti per­kem­bangannya,” kata Kalla. Se­mentara Jero Wa­cik me­nga­takan, Wakil Pre­siden Ju­suf Kalla telah me­nya­ta­kan kesediaannya un­tuk ha­dir dalam persi­da­ngan. Man­­tan Menteri ES­DM itu me­minta Kalla un­tuk jadi sak­si meri­ngan­kan. “Setelah kon­firmasi lang­sung, beliau (Kal­la) berkenan dan me­ngo­n­fir­masi bersedia hadir. Sa­ya te­rima kasih beliau ber­kenan jadi saksi ba­gi­ sa­ya,” ujar Jero di Pengadilan Tin­dak Pida­na Korupsi siang ini.

Jero mengatakan, ia me­min­ta Kalla menjadi saksi meringankan karena dirinya adalah menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu jilid I. Saat itu, Kalla menjabat sebagai Wapres men­dam­pi­ngi Presiden keenam RI Su­silo Bambang Yudho­yo­no.

Oleh jaksa, Jero di­dak­wa menyelewenangkan dana operasional menteri (DOM) sebesar Rp 8,4 mi­liar. Dari persidangan, Jero di­ketahui me­nyelewe­nang­kan DOM untuk gaya hi­dup­nya yang mewah mulai dari keperluan pencitraan, belanja, pesta ulang tahun, tiket konser, hingga acara pemakaman keluarganya. (h/kcm)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM