Pedagang Pantai Padang Diharap Bisa Bekerja Sama


Selasa, 12 Januari 2016 - 02:39:28 WIB

Namun, pedagang Purus sejauh ini belum bisa menerima, sebab solusi yang ditawarkan oleh Pemko Padang tak jelas. Pedagang pun mengancam akan ke Komnas HAM. Pedagang menuntut, Pemko Padang menunjukkan lokasi peng­ganti di Ajendam Bukit Barisan.

Ketua Persatuan Pedagang dan Rumah Makan di Purus Budi Syah­rial kepada Haluan, Senin (11/1), menuturkan, kalau Pemko ingin membongkar, bagi pedagang yang setuju silakan saja. Sebab, khusus untuk rumah makan, hanya satu orang saja yang memiliki tempat, yaitu Fuja. “Yang lain belum jelas di mana lokasi pindahnya,” tutur Budi Syahrial.

Menurut Budi, bagi pedagang yang setuju silakan bongkar lapak mereka. Bagi yang belum ada kata sepakat, tidak akan menyerahkan lapak untuk dibongkar. Namun, untuk pembangunan dan kemajuan, pihaknya tidak akan melakukan perlawanan.

“Kami akui ini batu krib, tapi apakah Pemko tidak melihat berapa potensi yang ada di sini. Berapa jumlah tenaga kerja yang terserap,” urainya.

Kalau pedagang Danau Cim­pago dibuatkan tempat seperti LPC, kenapa tidak ada keadilan bagi pedagang Purus. Jika masalah kaya dan miskin yang mau diangkat Pemko, orang Purus dahulunya juga miskin dan terbelakang

“Jika sudah ada perubahan bagi masyarakat Purus ke arah yang lebih baik, bisa meningkatkan perubahan ekonomi. Jika Pemko tidak mau melihat itu, saya pikir sebagai pemimpin gagal,” tandasnya lagi.

Selain Budi, belum ada kata sepakat juga datang dari Izal, peda­gang ikan. Ia ingin Pemko jangan terkesan memaksa kehendak de­ngan membawa seribu pasukan. Kalau begitu cara Pemko melak­sanakan program pemerintah, itu sudah sama dengan mengajarkan masyarakat kekerasan dan pemak­saan kehendak.

“Sama seperti di by pass itu. Wajarlah masyarakat takut, sebab pemerintah membawa seribu pa­sukan yang terdiri dari Satpol PP, polisi dan tentara. Kami meminta janganlah begitu cara kerja Pemko untuk mengambil hati masyarakat. Kami setuju jika diberikan tempat yang layak. Tapi cobalah adil ter­hadap program yang dijalankan,” harapnya.

Ia menekankan, kalau bisa seluruh pantai di Kota Padang bebas dari PKL dan sejenisnya. Namun, di depan kantor dinas pariwisata sendiri, ada lapak resmi yang dibuat­kan oleh Pemko beberapa tahun yang lalu. Jika ingin menerapkan aturan dengan jelas dan transparan, jangan membodohi masyarakat dengan izin dan tak berizin. (h/ows)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 24 Januari 2020 - 21:12:36 WIB

    Wako Mahyeldi Fasilitasi Pedagang Loak di Padang Teater Agar Kembali Berdagang

    Wako Mahyeldi Fasilitasi Pedagang Loak di Padang Teater Agar Kembali Berdagang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah memfasilitasi sejumlah pedagang loak di lantai II kawasan Padang Teater Pasar Raya Padang agar kembali berdagang seperti sedia kala..
  • Rabu, 23 Oktober 2019 - 15:41:32 WIB

    Tumbuhkan UMKM, Padang Night Market Akan Berdayakan 100 Pedagang

    Tumbuhkan UMKM, Padang Night Market Akan Berdayakan 100 Pedagang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Setidaknya akan ada 100 pedagang yang akan ikut dalam Permindo Night Market yang akan mulai dilaksanakan pada 2 November 2019 mendatang. Pedagang yang akan mengisi terdiri dari berbagai jenis dagan.
  • Ahad, 06 Oktober 2019 - 16:29:08 WIB

    100 Pedagang Akan Isi Pasar Kuliner Malam di Permindo

    100 Pedagang Akan Isi Pasar Kuliner Malam di Permindo PADANG, HARIANHALUAN.COM - Jika tidak ada aral melintang, mulai bulan depan kawasan Permindo akan dijadikan pasar kuliner di malam hari. Rencana tersebut akan dimulai setiap Sabtu dengan menutup jalan mulai pukul 19.00 WIB..
  • Selasa, 20 Agustus 2019 - 20:36:37 WIB

    Puluhan Pedagang Ikan Pantai Padang Dipindahkan Sementara

    Puluhan Pedagang Ikan Pantai Padang Dipindahkan Sementara PADANG, HARIANHALUAN.COM- Selama pengerjaan pedestrian kawasan Pantai Padang, puluhan pedagang ikan terpaksa dipindahkan ke depan. Pemindahan dilakukan untuk memudahkan aktivitas perdagangan..
  • Senin, 17 Juni 2019 - 17:45:06 WIB

    Jalan Sandang Pangan Harus Bersih dari Pedagang

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Perdagangan Endrizal menargetkan bahwa Jalan Sandang Pangan harus bersih dari pedagang. Namun, ada dua jenis dagangan yang dikecualikan mengingat kondisi dan situasinya..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM