Banyak Bola Lampu PJU Putus

Desa Tungkal Selatan Disungkup Kegelapan


Rabu, 13 Januari 2016 - 02:55:13 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Penerangan jalan umum di Desa Tungkal Selatan Kecamatan Pariaman Utara, masih minim. Bola lampu penerangan jalan yang di pasang pada tahun 2013/2014, sudah banyak yang putus.

 Kini penerangan yang berfungsi cuma dapat dihitung dengan jari. Dampaknya, masyarakat dan anak mengaji mengalami kegelapan di sasat magrib sampai subuh.

Kepala Desa Tungkal Desa Selatan, Delfiadi menjawab Haluan, Selasa (12/1) terkait sarana penerangan jalan umum di desanya membernarkan hal demikian. “Memang lampu jalan di desa kami banyak yang mati, karena bola lampunya tidak berfungsi atau putus,” ujarnya.

Kondisi PJU yang rusak itu ada di jalan Sikapak Usang menuju Durian Gadang, di sini hampir semua bola lampu penerangan jalan umum putus atau tidak berfungsi, hanya pada beberapa titik lampu jalan yang hidup, itupun kadang-kadang mengalami kerusakan mati-mati hidup.

Kondisi lampu penerangan jalan yang mengalami kerusakan itu, se­panjang jalan Sahulu-durian gadang maupun yang ada di tungka, termasuk arah jalan menuju tungkal utara daerah Sungai Batuang, banyak bola yang putus belum diperbaiki oleh PJU Kota Pariaman.

Terkait banyaknya bola lampu jalan yang putus di daerah Tungkal Selatan tersebut, Kades Delfiadi akan me­nyu­rati pihak terkait untuk mendapatkan solusi terbaik dari kondisi lampu jalan yang rusak sekarang ini.

Dia juga menyebutkan, jalan di Sikabu dan jalan menuju puncak Ponggong di Durian Gadang dan jalan menuju daerah Cubadak Aia tembus Sikapak Usang, jalan-jalan ini belum tersentuh oleh PJU Kota Pariaman.

Bahkan ada keberadaan jalan permanen yang sudah puluhan tahun sampai sekarang tidak tersentuh PJU dari jembatan menuju dusun ulu banda sepanjang sawah.

Kita berharap, bagaimana PJU Kota Pariaman bisa memberi pe­nerangan lampu jalan pada ruas jalan yang ada di desanya. Karena disini kita menghidupkan anak-anak dengan kegiatan magrib mengaji. Kalau lampu penerangan jalanya tak ada, tentu susah juga.

Kepala UPTD Alkal-PJU Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman, Mahyulis terkait lampu jalan yang rusak di Tungkal Selatan tersebut, membenarkan adanya bola lampu jalan yang putus atau pju yang me­ngalami kerusakan.

Kita lakukan sudah lakukan survey terhadap kondisi PJU yang ada di Tungkal itu, namun secara bertahab akan diperbaiki melalui dana pe­meliharaan.

Tahun 2016 ini untuk biaya pe­meliharaan lampu jalan termasuk memperbaiki lampu jalan umum yang rusak di Kota Pariaman anggaranya sebanyak Rp150 Juta. (h/tri)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 17 Oktober 2019 - 14:15:44 WIB

    10 Desa di Sawahlunto Gelar Pilkades Serentak

    10 Desa di Sawahlunto Gelar Pilkades Serentak SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 10 Desa di Sawahlunto menggelar pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Kamis 17 Oktober 2019. .
  • Kamis, 28 Maret 2019 - 19:45:40 WIB

    Pengentasan Kemiskinan, Mentawai Ajukan Pemekaran Desa

    Pengentasan Kemiskinan, Mentawai Ajukan Pemekaran Desa JAKARTA, HARIANHALUAN.COM — Percepatan pembangunan dalam rangka mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Mentawai terus digenjot. Untuk itu, pemekaran desa di Mentawai yang saat ini berjumlah 43 menjadi 83 desa dinila.
  • Rabu, 21 November 2018 - 11:19:38 WIB

    Payakumbuh akan Terima Dana Desa Rp655,86 M

    Payakumbuh akan Terima Dana Desa Rp655,86 M PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM- Sejak Senin hingga Rabu (19-21/11) ini,  bertempat di ruang rapat DPRD Kota Payakumbuh, Jalan Sukarno-Hatta, Koto nan Ampek, masih akan berlangsung Rapat Kerja antara Banggar (Badan Anggaran) DP.
  • Kamis, 25 Oktober 2018 - 19:10:04 WIB

    Desa di Sawahlunto Diminta Tidak Latah Dirikan BUMDes

    Desa di Sawahlunto Diminta Tidak Latah Dirikan BUMDes SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Desa diminta tidak latah-latahan dalam mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Bukan badan usahanya, desa musti membangun usaha terlebih dahulu dibandingkan mendirikan lembaga yang akan men.
  • Kamis, 18 Oktober 2018 - 20:56:07 WIB

    BPKAD Sawahlunto Gencarkan Sosialisasi ke Desa

    BPKAD Sawahlunto Gencarkan Sosialisasi ke Desa SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Untuk mencapai realisasi target pendapatan daerah dari sektor Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2), Bidang PBB dan BPHTB Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sawahlun.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM