Banyak Bola Lampu PJU Putus

Desa Tungkal Selatan Disungkup Kegelapan


Rabu, 13 Januari 2016 - 02:55:13 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Penerangan jalan umum di Desa Tungkal Selatan Kecamatan Pariaman Utara, masih minim. Bola lampu penerangan jalan yang di pasang pada tahun 2013/2014, sudah banyak yang putus.

 Kini penerangan yang berfungsi cuma dapat dihitung dengan jari. Dampaknya, masyarakat dan anak mengaji mengalami kegelapan di sasat magrib sampai subuh.

Kepala Desa Tungkal Desa Selatan, Delfiadi menjawab Haluan, Selasa (12/1) terkait sarana penerangan jalan umum di desanya membernarkan hal demikian. “Memang lampu jalan di desa kami banyak yang mati, karena bola lampunya tidak berfungsi atau putus,” ujarnya.

Kondisi PJU yang rusak itu ada di jalan Sikapak Usang menuju Durian Gadang, di sini hampir semua bola lampu penerangan jalan umum putus atau tidak berfungsi, hanya pada beberapa titik lampu jalan yang hidup, itupun kadang-kadang mengalami kerusakan mati-mati hidup.

Kondisi lampu penerangan jalan yang mengalami kerusakan itu, se­panjang jalan Sahulu-durian gadang maupun yang ada di tungka, termasuk arah jalan menuju tungkal utara daerah Sungai Batuang, banyak bola yang putus belum diperbaiki oleh PJU Kota Pariaman.

Terkait banyaknya bola lampu jalan yang putus di daerah Tungkal Selatan tersebut, Kades Delfiadi akan me­nyu­rati pihak terkait untuk mendapatkan solusi terbaik dari kondisi lampu jalan yang rusak sekarang ini.

Dia juga menyebutkan, jalan di Sikabu dan jalan menuju puncak Ponggong di Durian Gadang dan jalan menuju daerah Cubadak Aia tembus Sikapak Usang, jalan-jalan ini belum tersentuh oleh PJU Kota Pariaman.

Bahkan ada keberadaan jalan permanen yang sudah puluhan tahun sampai sekarang tidak tersentuh PJU dari jembatan menuju dusun ulu banda sepanjang sawah.

Kita berharap, bagaimana PJU Kota Pariaman bisa memberi pe­nerangan lampu jalan pada ruas jalan yang ada di desanya. Karena disini kita menghidupkan anak-anak dengan kegiatan magrib mengaji. Kalau lampu penerangan jalanya tak ada, tentu susah juga.

Kepala UPTD Alkal-PJU Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman, Mahyulis terkait lampu jalan yang rusak di Tungkal Selatan tersebut, membenarkan adanya bola lampu jalan yang putus atau pju yang me­ngalami kerusakan.

Kita lakukan sudah lakukan survey terhadap kondisi PJU yang ada di Tungkal itu, namun secara bertahab akan diperbaiki melalui dana pe­meliharaan.

Tahun 2016 ini untuk biaya pe­meliharaan lampu jalan termasuk memperbaiki lampu jalan umum yang rusak di Kota Pariaman anggaranya sebanyak Rp150 Juta. (h/tri)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 19:57:49 WIB

    Tiga Kampus Nagari Pessel Diluncurkan Menteri Desa PDTT

    Tiga Kampus Nagari Pessel Diluncurkan Menteri Desa PDTT HARIANHALUAN.COM - Menteri Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) yang diwakili staf Khusus Menteri, Nasrun Anhar melakukan peluncuran 15 kampus nagari di Provinsi Sumatera Barat secara daring. Dari 15 nagar.
  • Ahad, 26 Juli 2020 - 20:17:22 WIB

    Menteri Desa PDTT Sebut Pembangunan KTM Silaut Dilanjutkan 2021

    Menteri Desa PDTT Sebut Pembangunan KTM Silaut Dilanjutkan 2021 HARIANHALUAN.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI, Abdul Halim Iskandar mengatakan, pembangunan berbagai sarana dan prasarana Kota Terpadu Mandiri (KTM) Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan.
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 23:07:16 WIB

    Wawako Pariaman Ikut Goro Bersihkan Bunker Peninggalan Sejarah di Desa Santok

    Wawako Pariaman Ikut Goro Bersihkan Bunker Peninggalan Sejarah di Desa Santok HARIANHALUAN.COM - Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin ikut gotong-royong bersama masyarakat membersihkan salah satu situs peninggalan bersejarah yang ada di Desa Air Santok, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman, Sa.
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 22:09:43 WIB

    Pendamping Desa Berdikari di Pariaman Dikukuhkan Mendes PDTT

    Pendamping Desa Berdikari di Pariaman Dikukuhkan Mendes PDTT HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 43 tenaga Pendamping Desa Berdikari di Kota Pariaman dikukuhkan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar di aula balaikota Pariaman, Jumat.
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 21:14:30 WIB

    Mendes PDTT Pastikan Dana Desa Berlanjut dan Ada Peningkatan

    Mendes PDTT Pastikan Dana Desa Berlanjut dan Ada Peningkatan HARIANHALUAN.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memastikan dana desa tetap berlanjut. "Dana desa yang akan dikucurkan tidak ada pengurangan, justru sebaliknya .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]