Pusat Isyaratkan Islah

Kader PPP Sumbar Silakan Merapat


Rabu, 13 Januari 2016 - 03:20:09 WIB
Kader PPP Sumbar Silakan Merapat

PADANG,HALUAN — Kepengurusan DPW PPP Sumbar dibawah naungan Djan Faridz memberi kesempatan pada semua kader yang pernah berseberangan untuk kembali merapat ke barisan. Bendahara Partai PPP Sumbar Yuliarman kepada Haluan, Selasa (11/1) menuturkan, secara umum seluruh kader mulai dari tingkat DPW hingga DPC sudah kembali patuh dan mengakui kepengurusan yang ada sekarang.

“Tak hanya di daerah, melihat perkembangan  di pusat semua  kader yang pernah bertentangan nam­pak­nya menginginkan ada­nya islah (perdamaian). Ini adalah langkah yang baik, dan suatu hal yang lumrah jika pihak yang kalah akan minta Islah,” ujar Yuliarman

Hanya saja, lanjut dia, untuk di Sumbar  salah seorang kader yang yang duduk di DPRD Provinsi Sumbar sampai sekarang belum bisa dipastikan ben­tuk sikapnya seperti apa. Ini karena  setelah beberapa waktu lalu mengukuhkan diri sebagai pimpinan DPW PPP dari kubu Ro­ma­hur­muz­iy,  hingga sekarang yang bersangkutan belum sekalipun menjalin ko­mu­ni­kasi dengan pengurus yang ada sekarang.

“Tidak jelas apakah yang satu ini akan kembali me­ra­pat ke partai atau tidak. Yang bersangkutan juga jarang terlihat di DPRD, dan sering izin,” ujar Yuliarman.

Saat ditanya apakah ka­der yang ia maksud adalah Martias Tanjung, Yuliarman tak mau mengatakan ya. Namun ia juga tak ingin membantah kalau sosok yang ia maksud adalah me­mang Martias.

“Ya kita sama-sama ta­hu saja lah,” ucapnya. Di­tambah­kan Yuliarman lagi, hingga saat ini  belum ada intruksi pusat  terkait lang­kah tegas yang mesti diam­bil terhadap mereka yang belum kunjung patuh.  Na­mun, terangnya, pada prin­sip­nya kepengurusan di­ba­wah pimpinan Djan Faridz membuka pintu maaf se­le­bar-lebarnya untuk mereka yang mau mengakui ke­sa­lahan. Tak ada dendam ataupun sanksi bagi yang mau kembali bergabung dengan partai.

 ”Apalagi yang mesti dipersoalkan, keputusan MA juga sudah jelas, hanya tinggal eksekusi saja. Karenanya, kami harap se­mua kader kembali me­ra­patkan barisan tanpa ha­rus ada per­pecahan,” ucap Yuliarman.

Tak hanya soal me­ra­pat­kan barisan, ia juga ber­harap persoalan uang partai yang sebelumnya sempat jadi polemik antar dua kubu PPP di Sumbar bisa segera selesai. Sebab, sempat di­tarik oleh pihak Martias Tanjung  yang saat itu men­dek­larasikan diri sebagai pimpinan  PPP Sumbar, hingga saat ini uang tersebut masih belum kembali.

“Uang yang pernah di­tarik tersebut sedang dalam proses di Bank Nagari, kami berharap uang segera kem­bali dan kejadian serupa tak terulang lagi,” tandasnya.

Terkait ini, berdasarkan informasi yang berkembang di pusat dua kubu PPP sepakat akan menggelar rekonsiliasi atau islah. Ketua PPP hasil Muktamar Su­ra­baya, Romahurmuziy me­nga­takan, islah tersebut merupakan inisiatif Ketua Dewan Syura PPP, KH Mai­moen Subir.

Tak hanya itu, Presiden Joko Widodo juga bertemu dengan Ketua Um­um PPP hasil Muktamar Surabaya, Romahurmuziy dan Ketua Umum PPP ha­sil Muk­tamar Jakarta, Djan Faridz di Istana Merdeka, Selasa (12/1). Agenda ini tidak terjadwalkan di dalam agenda resmi kepresidenan.

Adapun agenda utama pertemuan ini adalah mem­bahas bagaimana agar PPP yang mengalami konflik dua­lis­me kepemimpinan da­pat segera berakhir. (h/mg-len)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 15 Agustus 2016 - 11:27:20 WIB
    MUSCAB PEMUDA PANCASILA

    Kader Mesti Utamakan Kepentingan Masyarakat

    PADANG, HALUAN — Pe­muda Pancasila (PP) lahir atas keinginan masyarakat In­done­sia, di saat terjadi kegaduhan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang ingin mengganti idiologi bangsa dari Pancasila pada 1959 lalu..
  • Sabtu, 09 April 2016 - 05:03:26 WIB
    Surya Paloh Kukuhkan Pengurus DPW Sumbar

    Kader Nasdem Harus Dukung Pemerintah

    Kader Nasdem Harus Dukung Pemerintah PADANG, HALUAN — Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengukuhkan sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sumatera Barat di Hotel Inna Muara, Padang, Jumat (8/4)..
  • Rabu, 06 April 2016 - 13:59:14 WIB
    Wujudkan Cita-cita Partai

    Kader PDIP Harus Lakukan Konsolidasi

    PADANG, HALUAN — Ketua Dewan Pim­pinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Perjuangan (PDI) Perjuangan Kota Pa­dang, Albert Hendra Lukman, mengajak kader dan petugas partai tersebut untuk menjalin kon­soli­dasi hingga ke ting.
  • Selasa, 05 April 2016 - 03:25:21 WIB
    Persiapan Jelang Pemilu 2019

    DPD PSI Padang Bertemu Kader

    PADANG, HALUAN — Menghadapi Pemilu pada 2019 nanti, banyak partai yang bergegas dan melengkapi sejumlah persyaratan agar partai tersebut bisa ikut andil dalam pemilu. Tidak ketinggalan juga bagi partai pendatang baru, salah.
  • Kamis, 10 Maret 2016 - 04:44:38 WIB
    HT Lantik 179 Pengurus Dapil I dan II Sumbar

    Kader Perindo Diminta Solid

    Kader Perindo Diminta Solid PADANG, HALUAN — Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo melantik 179 pengurus Dapil I dan II se-Sumatera Barat dan lima pe­ngu­rus Kecamatan se-Su­ma­tera Barat di Grand Inna Mua­ra, Rabu (9/3) siang..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]