Pemkab Kampar Tak Peduli Dengan Korban Banjir


Kamis, 14 Januari 2016 - 03:07:19 WIB

PEKANBARU, HALUAN — Dinas Sosial Provinsi Riau, menyesalkan tidak adanya upaya dari Pemerintah Kabupaten Kampar, untuk membantu korban banjir di Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar. Pasalnya hingga saat ini belum ada laporan dari Pemkab Kampar adanya masyarakat yang terisolir di 4 desa di Kecamatan tersebut.

Akibatnya harga bahan pokok di Kampar Kiri Hulu yakni di desa Desa Deras Tajak, Desa Tanjung Karang dan Desa Batu Sasak, melonjak tajam, bahkan beras perkilogramnya mencapai Rp30 ribu. Selain itu banyak warga yang tidak bisa mendapatkan bahan pokok karena jalan menuju empat desa tersebut tidak bisa dilalui dengan jalur darat.

Kepala Dinas Sosial Riau, Syarifudin, mengatakan, sejauh ini Dinsos sudah menyalurkan bantuan bahan pokok ke Kampar Kiri Hulu beberapa waktu lalu. Namun untuk bantuan selanjutnya tidak ada laporan, hanya mendapatkan laporan secara lisan dari Kepala Desa, yang melaporkan ke BPBD. “Kita memang belum ada mendapatkan laporan dari Pemkab Kampar. Inilah yang kita sayangkan, seharusnya Pemkab melaporkan kepada kita kondisi terkini, sehingga kita ada dasar untuk segera mengirimkan bantuan kesana. Sejauh ini sudah ada kita kirimkan bantuan sebanyak 2 ton beras kesana beberapa waktu lalu,” ujar Syarifuddin, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (13/1).

Ditegaskan Syarifuddin, dengan kondisi saat ini dimana Riau pada tahun 2015 lalu sudah dalam status siaga darurat banjir, hingga akhir Desemebr. Seluruh Bupati dan Walikota sudah harus tanggap dengan kondisi masyarakat yang dilanda banjir, dan terisolir. Seperti di Kuansing Dinsos langsung turun ke lapangan mengirimkan bantuan setelah mendapatkan laporan dari Pemkabnya. “Yah minimal Kecamatannya yang melaporkan, kalau Pemkabnya tidak peduli. Kalau seperti ini susah kita, sudah selaykanya Bupati ikut turun ke sana. Dan kita siap bantu mensuplay bantuan bahan pokok,” tegasnya.

Sementara itu, kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, mengatakan, pihaknya telah mengubungi BPBD Kampar untuk segera membantu membuka akses jalan, namun belum ada eksion dari Pemkab. Sejauh ini Pemkab Kampar memang tidak pernah ada turun membantu untuk korban banjir dan longsor.

Apalagi saat ini, kata Edwar Sanger, status siaga darurat banjir dan longsor sudah dicabut pada 31 Desember 2015. Seharusnya pada saat siaga tersebut Pemkab Kampar turun membantu membuka jalan. Dan sekarang pasca banjir tersebut, Pemkab nya yang harus peduli dan turun membantu akses jalan dan mengirim­kan bantuan. “Sekarang pasca banjir ini Pemkab yang harus aksion, turun langsung sejauh ini tak pernah. Kita mau lihat keseriusan Pemkabnya membantu masya­rakat. Saya sudah minta BPBD nya membantu kesana, selama ini hanya Provinsi yang langsung turun, Pemkabnya tidak ada sama sekali,” tegas Sanger.

Sementara itu, Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, mengatakan untuk mananggulangi perma­salahan pangan di daerah banjir dan longsor, telah menyerahkan sepenuhnya kepada Dinas Sosial Provinsi Riau. “Pemerintah melalui BPBD beberapa waktu lalu sudah memberikan bantuan beras pada waktu kepada korban banjir di Kampar, kalau beras masih kurang kita minta Dinsos untuk mengatasinya,” ujar Plt Gubri. (h/nur)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 09 Januari 2020 - 11:21:43 WIB

    Mantap..! Pemkab Pessel Gratiskan Retribusi Masuk Kawasan Wisata Mandeh

    Mantap..! Pemkab Pessel Gratiskan Retribusi Masuk Kawasan Wisata Mandeh PAINAN,HARIANHALUAN.COM--Bagi pengunjung ke obyek wisata Mandeh, di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan tidak usah lagi merogok kocek untuk membeli tiket masuk, Pemkab Pessel melalui Dispora Pessel mengratisk.
  • Rabu, 01 Mei 2019 - 16:12:28 WIB

    Tingkatkan Kunjungan Wisata, Pemkab Pessel Bangun Pujasera di Pantai Carocok

    Tingkatkan Kunjungan Wisata, Pemkab Pessel Bangun Pujasera di Pantai Carocok PAINAN, HARIANHALUAN.COM – Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan geliat pariwisata di Pesisir Selatan, pemerintah setempat bakal membangun sarana Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) di kawasan Pantai Carocok Pai.
  • Jumat, 28 Juli 2017 - 14:09:04 WIB

    IKPS Riau Dukung Program Pemkab Pessel

    IKPS Riau Dukung Program Pemkab Pessel PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM - Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS), yang berdomisili di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mendukung penuh seluruh program yang sudah dicanangkan oleh Pemkab Pessel terkait kemajuan daerah, khusu.
  • Sabtu, 01 Oktober 2016 - 03:16:50 WIB
    SAMBUT TAHUN BARU ISLAM

    Pemkab Pelalawan Gandeng FPI

    PANGKALAN KERINCI, HALUAN—Dalam rangka menyambut Tahun Baru Is­lam pada 1 Muharram 1438 Hijriyah atau 2 Oktober mendatang, Pemkab Pela­lawan akan bekerjasama de­ngan sejumlah ormas Islam menggelar berbagai kegiatan..
  • Sabtu, 16 April 2016 - 04:18:35 WIB

    Pemkab Kuansing Hibahkan Lahan 1 Hektare

    TELUK KUANTAN, HALUAN —Untuk mempercepat pembangunan gedung Pe­ngadilan Negeri di Kabupaten Kuan­sing, pemerintah Kabupaten Kuansing sudah menghibahkan lahan seluas satu hektar terhitung sejak Februari 2015 lalu..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]