Rekomendasi Dewan

Tutup Mc Donald Pekanbaru


Kamis, 14 Januari 2016 - 03:08:22 WIB

PEKANBARU, HALUAN — Setelah langsung meninjau kelapangan beberapa waktu lalu, Komisi IV DPRD Pekanbaru Rabu (13/1) kemarin mengelar hearing dengan manajemen Mc Donald Pekanbaru. Hering tersebut bukan saja dihadiri manajemen McD, namun juga SKPD terkait lainnya, seperti Distaruba Kota Pekanbaru, Dishub Kota Pekanbaru dan Satpol PP.

Dalam paparan dalam hearing yang dipimpin Ke­tua Komisi IV Roni Amriel dan di dampinggi hampir semua anggota Komisi IV, melihat kelengkapan  dan syarat mendirikan usaha, seperti Analisa Dampak Lalu lintas (Amdalalin),  yang dikantongi pihak Mc Donalds, yang diduga tidak dimiliki pengelola. Terma­suk juga merekomen­dasi­kan drive thru yang menye­babkan terjadinya kema­cetan di ruas jalan tersebut, serta alat-alat pemadam kebakaran yang nyatanya tidak dimiliki pengelola McD.

Dalam paparan hering tersebut  Ternyata, Drive Thru (lintasan mobil pesan bawa pulang) yang ada di dalam gedung Mc Donalds, adalah penyumbang kema­cetan lalu lintas sejak perta­ma restoran cepat saji terse­but dibuka 24 Desember 2015 yang lalu. “Apa Drive Thru yang dikeluarkan su­dah masuk dalam reko­men­dasi dari leading sector yang ada di Pemko Pekanbaru,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Roni Amriel, saat me­nyam­paikan pertanyaannya kepa­da SKPD Pemko kemarin.

Pertanyaan politisi Par­tai Golkar itu, langsung dijawab oleh Sekretaris Dis­hub­kominfo Kota Pekan­baru, Syahbanullah. Dalam pernyataannya drive thru ternyata tidak menjadi ba­gian dari rekomendasi yang dikeluarkan pihaknya. “Ka­jian kita itu, Mc Donalds menyediakan 22 meja ma­kan. Jadi asumsi kira, 1 meja 1 unit mobil disiapkan oleh Mc Donalds. Sedangkan rekomendasi operasional sendiri belum dikeluarkan. Akan kami tinjau kembali dan panggil pihak kon­sul­tan, itu kami akui tidak ada rekomendasi sama sekali,” paparnya.

Pernyataan Mc Donalds langsung disambut oleh Anggota Komisi IV, Puji Daryanto.”Jadi rekomen­dasi dari 22 kendaraan roda empat dan 50 kendaraan roda dua itu apa sudah ma­suk dalam rekomendasi yang dikeluarkan Dishub,” kata puji.

Sontak Syahbanullah selaku Dishub, menjawab tidak ada. “Belum tersedia pak,” tegasnya.

Kemudian, Kasubag Par­kir Dishubkominfo da­lam memaparannya saat hearing juga menyampaikan hal serupa. Dikatakannya, pada bulan Desember 2015 sejak Mc Donalds dibuka, pihaknya sudah banyak me­nemui kejanggalan. Hal itu terlihat dari antrian panjang yang melebar hingga keluar bangunan Mc Donalds. “Dis­hubkominfo sudah cek kelapangan, kami koor­dina­si dengan pihak kepolisan, setelah ada antrian panjang itu saat razia di ruas jalan sudirman Pekanbaru, disa­na kita langsung memanggil dan menegur managernya. Kami tanya bagaimana izin amdal lalin kalian keluar, pihak Mc Donalds sendiri menjawab tidak tahu sama sekali. Kami juga sudah tegur Drive Thru, kalau diletak Drive Thru, antrian akan memanjang sampai keluar, sementara reko­mendasi kami tidak ada menyangkut drive thru,” tegasnya.

Hearing Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, dipimpin oleh Roni Amriel, didampingi Wakil Ketua Wan Agusti, dan Anggota lainnya, Puji Daryanto, Her­wan Nasri, dan Mulyadi. Hadir pula Dinas Perhu­bungan Komunikasi dan Informatika (Dishub­ko­min­fo), Satlantas Polresta Pekanbaru, Dinas Tata Ru­ang dan Bangunanan (Dis­taruba), Badan Lingkungan Hidup (BLH) Satpol PP Kota Pekanbaru dan Mana­jemen Mc Donalds.

Ketua Komisi IV, Roni Amriel usai hearing menga­takan, dari hasil kesimpulan maka pihaknya meminta Drive Thru Mc Donalds direkomendasikan untuk ditutup karena menyalahi aturan yang direko­men­dasikan.”Mc Donalds mem­berikan kontribusi sangat signifikan terhadap kema­cetan. Drive Thru ini yang menjadi biang masa­lahnya. Kami minta drive thru itu harus ada kajian lalu lintas, baru boleh beroperasi drive thru. Rekom dari Dishub sendiri harus ada SRV 50 ruang parkir sepeda motor dan 22 ruang parkir mobil, dilapangan tidak seperti itu, makanya kita minta reko­mendasikan ditutup da­hulu” ucapnya.

Associate Director of Communication, Suci Lan­tika, usai hearing menga­takan bahwa pihaknya ha­nya bisa pasrah mendengar rekomendasikan itu. Selaku pihak yang berbisnis di Kota Pekanbaru, manajemen Mc Donalds siap mengikuti aturan yang direkomen­dasikan. “Kami siap me­ngi­kuti apa yang diminta oleh Pemerintah dan DPRD,” urainya.

Mengenai Drive Thru yang menjadi masalah kema­cetan di ruas jalan Sudir­man, pihaknya menyebut bahwa sebelum dibuka, dia mengaku bahwa mana­je­men sudah mengajukan sket­sa gambar drive thru. Soal izin drive thru itu, bukan diajukan bukan ber­arti disetujui. “Dalam gam­bar amdal lalin ada penga­juan drive thru. Jadi kami membangun (drive thru) itu mem­bangun tanpa sepe­nge­tahuan, karena sudah diaju­kan,”imbuhnya (h/ben).


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM