Pemda Harus Bertindak Tegas

Tambang Galian C Resahkan Rakyat


Kamis, 14 Januari 2016 - 03:21:32 WIB
Tambang Galian C Resahkan Rakyat Tim SK4 yang dipimpin Kasatpol PP Taufik merazia lokasi penambang galian C ilegal di Korong Pasir Baru, Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau, Selasa (12/1). (BUSTANUL ARIFIN)

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Aktifitas penambangan galin C ilegal di sepanjang aliran Batang Naras sudah sangat meresahkan masyarakat Korong Pasir Baru, Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau. Sejak beberapa bulan terakhir telah terjadi pengikisan atau runtuhnya tebing sungai yang merusak lingkungan.

 Kepala Korong Pasir Baru, Ali Murtim  yang dihubungi Selasa me­nye­butkan, aktifitas galian C ini sudah dilaporkan kepada Pj Bupati, Ketua DPRD dan  Kapolres.

Ali Martim menyatakan,   masyarakat sangat berharap  agar Pemerintah Daerah dapat menindak tegas para pelaku penambang ilegal dan menyita mesin dom­peng yang beroperasi di sepanjang aliran sungai Ba­tang Naras. “Menurut pan­tauan masyarakat terdapat tiga unit mesin dompeng yang beroperasi setiap hari­nya. Artinya penambng ile­gal ini sudah beritikad tidak baik terhadap kelestarian  lingkungan yang ditim­bul­kan seperti banjir  dan abrasi,” terangnya.

Rakyat di Kenegarian juga siap bersatu padu me­ngambil  tindakan sendiri,  jika  laporan mereka  tidak digubris. “Tapi, Alham­du­lilah, laporan tersebut lang­sung ditanggapi, ibu Bupati dan Bapak Kapolres” kata Wali Korong Pasir Baru, Ali Murtim  kepada Haluan di Dermaga Pasir Baru, Selasa (12/1).

Menindaklanjuti lapo­ran masyarakat tersebut, Tim Satuan Koordinasi Ke­ter­tiban dan Keamanan Ko­ta (SK4) langsung menuju empat titik lokasi pe­nam­bang galian C.  Akan tetapi ironisnya, razia yang dila­kukan Tim SK4 diduga bo­cor terlebih  dahulu. Akibat­nya, tidak satupun ditemu­kan mesin dompeng atau truk mengambil pasir di setiap  lokasi  yang dilapor­kan masyarakat  tersebut.

Kasat Pol PP Taufik yang  dihubungi  mengakui  Sidak ini diduga sudah bocor.  “ Atas perintah Ibu Bupati, kita langsung berkoordinasi dengan Polres Kota Paria­man dan turun langsung ke TKP dengan Tim SK4.  Se­waktu disidak,  semua pera­latan untuk mengambil pasir juga tidak kelihatan,” kata Taufik.

Sementara itu, Pj Bupati Padang Pariaman melalui Kabag Humas Hendra As­wara mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah berko­mitmen menertibkan tam­bang  galian C ilegal yang sudah meresahkan masya­rakat dan mengakibatkan kerusakan lingkungan. “Kita sudah pasang papan lara­ngan menambang galian C di Batang Naras itu. Ibu Bupati juga minta Tim SK4  terus menerus menggelar razia secara rutin, dan razia  secara rahasia. Jangan sam­pai bocor lagi,”  harap Pj Bupati  seperti ditirukan  Hendra. (h/bus)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM