Legislator PDIP Terjerat OTT KPK


Kamis, 14 Januari 2016 - 04:30:46 WIB
Legislator PDIP Terjerat OTT KPK Anggota Komisi V DPR, Damayanti Wisnu Putranti.

JAKARTA, HALUAN — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) me­­nang­kap Anggota Komisi V DPR Damayanti Wisnu Putranti terkait dugaan kasus korupsi di Ke­men­terian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat.

Politisi Partai De­mo­krasi Indonesia Per­jua­ngan (PDIP) ini merupakan orang pertama yang di­tangkap oleh KPK pada tahun ini. Operasi tangkap tangan (OTT) ini juga yang perdana di era kepengurusan KPK jilid IV, di bawah kepemimpinan Agus Rahardjo.

Baca Juga : Tolak Tanggapi Hasil Survei NSN, Risma: Belum Tentu Juga Saya Masih Hidup

Damayanti dibawa ke gedung KPK pada Rabu (13/1) malam sekitar pukul 21.00 WIB meng­gunakan mobil Toyota Vellfire berwarna hitam dengan nomor pelat B 5 DWP.

Sumber CNN Indonesia di internal KPK menyebutkan, Damayanti ditangkap atas dugaan keterlibatannya dalam kasus korupsi di Ke­men­terian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat.

Baca Juga : Yang Lain Menolak, Dedi Mulyadi Malah Mendukung: Saya Siap Disuntik Vaksin Nusantara

Menurutnya, pemeriksaan terhadap Damayanti akan berlangsung selama 1x24 jam untuk menetapkan statusnya menjadi tersangka atau bukan.

Sumber tersebut me­nam­bah­kan, saat ini masih ada beberapa penyidik KPK yang masih be­ru­saha melakukan pengembangan kasus di lapangan.

Baca Juga : Siap Siaga! 9 Provinsi Ini Diprediksi Bakal Diterjang Topan Surigae

Namun, sampai berita ini diturunkan, belum ada laporan resmi dari KPK mengenai tang­kap tangan Damayanti maupun kasus korupsi yang menjeratnya. Situs berita detik.com mela­porkan, Anggota DPR itu ka­barnya telah diincar sejak tahun lalu. Namun Wakil Ketua KPK Alexander Marwata tidak secara lugas me­nyebut adanya OTT tersebut. Alex hanya mengakui bahwa tim KPK telah bergerak dari tahun lalu.

“Aku belum tahu, kalau per­gerakan kan dari tahun lalu ada,” ucap Alex saat dikonfirmasi, Rabu (13/1) malam.

Baca Juga : Tenaga Ahli Menkes Kritik Vaksin Nusantara, Ungkap 95 Persen Bahan Bakunya Impor

Sebelumnya dari informasi yang dikumpukan, penangkapan dilakukan sore tadi di kawasan Senayan, Jakarta. Anggota DPR tersebut diduga kedapatan me­nerima suap dari seorang pe­rantara pengusaha. Uang pa­nas itu disinyalir untuk mel­icin­kan se­buah calon proyek infra­struktur.

“Tak lama setelah sidang di gedung DPR,” ujar seorang penegak hukum.

Saat ini anggota DPR ter­sebut sudah diamankan di ge­dung KPK. Dia akan diperiksa intensif untuk kemudian d­i­ten­tukan status hukumnya, mak­simal 1 x 24 jam ke depan. Sementara, politisi PDI Per­juangan, Eva Kusuma Sundari saat dikonfirmasi kabar ini me­ngaku belum mengetahui kabar adanya OTT KPK ini.

“Aku enggak ngerti masalah Yanti ya, belum tahu aku,” jelas Eva saat dihubungi Okezone, Rabu (13/1).

Politis PDIP lainnya yang juga Anggota Komisi III DPR, Masinton Pasaribu menegaskan partainya akan langsung me­mecat Damayanti Wisnu Pu­tranti jika terbukti terlibat kasus korupsi.

Damayanti merupakan Ang­gota Komisi V DPR dari Fraksi PDIP, yang baru saja ditangkap Komisi Pem­berantasan Korupsi (KPK) atas dugaan terlibat dalam kasus korupsi. “Ini sedang kami pas­tikan kebenaran infonya. Jika benar kader PDI Perjuangan melakukan korupsi, langsung dipecat,” ujar Masinton kepada CNN Indonesia, Rabu (13/1).

Masinton mengatakan, sanksi pemecatan tersebut sudah di­tegaskan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Kemayoran, Jakarta.

Dia mencurigai, ada pihak yang mencoba mengaitkan pe­nangkapan Damayanti dengan pelaksanaan Rakernas PDIP, yang berlangsung pada 10-12 Januari 2016. “Itu arahan Ibu Megawati saat pengarahan internal pada Ra­kernas Partai di Kemayoran, karena biaya Rakernas sudah ditanggung oleh DPP PDI Per­juangan,” jelas Masinton. (h/net)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]