Longsor Macetkan Jalan Hingga 4 jam


Kamis, 14 Januari 2016 - 04:32:24 WIB
Longsor Macetkan Jalan Hingga 4 jam KENDARAAN yang melintas di Koto Gadang, Lubuk Malako, Sangir Jujuan tak bisa melanjutkan perjalanan menyusul longsor yang terjadi di kawasan itu, Rabu (13/1). (JEFLI)

SOLSEL,HALUAN — Ak­ses dua titik ruas Jalan di Solok Selatan (Solsel) lum­puh total selama empat jam akibat tertimbun material longsor pada Rabu,(13/1). Dua titik badan jalan itu di Koto Gadang, Lubuk Ma­lako, Sangir Jujuan dan Ranah Pantai Cermin, Sa­ngir Batang Hari.

 ”Sekitar pukul 05.30 WIB kami mendapatkan laporan adanya longsor dan langsung menuju lokasi de­ngan membawa 15 personil anggota untuk membantu membersihkan serta menga­mankan jalan tersebut,” dikatakan Kasat Lantas Pol­res Solsel, AKP Indra.

Baca Juga : Belasungkawa dari Pegawai sampai Pimpinan DPRD Solsel, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Meninggal

Ia menambahkan,akses jalan mulai tertutup sejak pukul 06.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB, dan pu­kul 11.15 WIB jalan yang tertutup longosor sudah bisa dilalui.

“Kami mengimbau peng­guna jalan agar berhati-hati melewati daerah yang rawan longsor selama mu­sim hujan,”katanya.

Baca Juga : Maota Jalang Babuko Basamo Ketum HIPMI Sumbar: Ramadhan Menginspirasi Membuka Bisnis Baru

Sementara, Kabid Ra­hab Rekon dan Kons­truk­si, BPBD Solsel, Saptono me­nyebutkan akibat longsor di dua titik ruas jalan tersebut tidak ada menimbulkan korban jiwa. “Akibat inten­sitas curah hujan yang tinggi mengakibatkan material berupa batu besar, tanah dan pohon kayu terban menimbun ruas jalan,”katanya.

Ia menambahkan, di Koto Gadang badan jalan tertutup material berupa tanah dan kayu dan kabel listrik tegangan tinggi nyaris menyentuh aspal akibat terbawa batang pohon,”Tetapi, arus listrik sudah tidak me­ngalir,”katanya. Sedangkan di Ranah Pantai Cermin sebuah batu besar terguling ke jalan untuk membuang batu besar di Ranah Pantai Cermin, petugas masih mengerjakan di lokasi.

Baca Juga : Ajak Generasi Muda Berbisnis, Brian Putra Bastara Berbagi Trik jadi Entrepreneur Sukses

Untuk membersihkan mate­rial longsor pihaknya menurun­kan dua unit alat berat yang terdiri dari ekskavator dan lou­der. “Tidak bosan kami imbau masyarakat meningkatkan ke­was­padaan saat cuaca ekstrim sehingga bisa menghindarkan korban jiwa dan materil,” tu­tupnya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Solsel, Dalwison menambahkan longsor terjadi akibat hujan deras yang meng­guyur kawasan itu sejak Selasa (12/1) sore hingga Rabu (13/1) pagi. Longsor itu sendiri diper­kirakan terjadi pada pukul 03.00 WIB, namun baru diketahui pukul 04.00 WIB saat warga setempat akan melalui jalan itu. Tak ada korban dalam peristiwa ini.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sumbar 17-19 April, Simak Wilayah yang Diperkirakan Hujan

Menurut Dalwison, pihaknya baru mengetahui bencana itu pada pukul 06.30 WIB, setelah mendapatkan informasi dari masyarakat. Tak lama berselang, pihaknya langsung turun ke lo­kasi membawa alat berat berjenis loader dan mencari ekskavator dari warga setempat.

Sebelumnya, pada pukul 8.30 WIB, terjadi antrean sepanjang 1,5 km dari arah Lubuak Malako ke lokasi longsor. Sementara dari arah Padang Aro ke Lubuak Malako, anteran kendaraan war­ga terjadi sepanjang 1 km.  Ia memastikan tak ada lahan sawah masyarakat yang tertimbun akibat longsor itu. (h/jef/dib)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]