P2BN Pasaman Capai Rp30 Miliar


Jumat, 15 Januari 2016 - 03:06:06 WIB
P2BN Pasaman Capai Rp30 Miliar

PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menaikan anggaran untuk program Pem­bangunan Partisipatif Berbasis Nagari (P2BN) tahun 2016. Tahun ini jumlahnya mencapai Rp30 miliar, naik dari sebelumnya yang hanya mencapai Rp20 miliar.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Radial, menyebutkan, untuk anggaran program P2BN, tahun ini dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pasaman telah dianggarkan sebesar Rp30 miliar.

Baca Juga : Bupati Agam Ingin Aturan Zonasi Dibahas Khusus

Program P2BN ini belum dapat disalurkan kepada masyarakat, sebab masih dibutuhkan pendalaman terhadap setiap penerima, dan verifikasi calon penerima.

“Kegiatan P2BN itu telah banyak manfaatnya bagi masyarakat di nagari, berbagai sarana dan prasarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat telah dibenahi secara bertahap setiap tahun,” kata Radial.

Baca Juga : Penyaluran BST Kemensos Hari Terakhir, Rp402 Juta Lebih Dikucurkan untuk 671 Warga

Kegiatan P2BN, dinilai pemerintah daerah setempat tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi, namun juga berdampak pula pada pengu­rangan angka pengangguran di Pasaman.

Dengan P2BN ini, masyarakat yang dulunya enggan membuka lahan tidur yang mereka miliki karena tidak adanya insfratruktur jalan untuk membawa hasil pertanian, sekarang dengan adanya kegiatan pemba­ngunan seperti pembukaan jalan usaha tani, jalan perkebunan, dan lainnya, masyarakat akhirnya mau membuka lahan baru.

Baca Juga : TSR VI Kunjungi Masjid Nurul Amri, Sekdako Sonny: Wahana Bangun Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Ia menambahkan, seluruh kegiatan yang terlaksana dari program P2BN ini diharapkan bermanfaat untuk masyarakat Pasaman. Sehubungan dengan itu, tokoh masyarakat Nagari Jambak, Dt Rangkayo Basa (52), menyatakan, P2BN yang diluncurkan oleh Pemkab Pasaman, berdampak positif dalam mengangkat perekonomian masyarakat, sebab itu perlu terus dilanjutkan.

P2BN mulai dari pembukaan jalan usaha tani, jalan perkebunan, saluran irigasi, pembangunan MDA dan sebagainya, berdampak pada pengembangan pemu­kiman masyarakat.

Baca Juga : Kunjungi Masjid Jihadu Walidaina, TSR V Serahkan Bantuan Rp20 Juta

“Kami dalam hal ini bertindak sebagai pengawas, dan selama ini kami menilai program ini sangat banyak manfaatnya,” jelasnya. (h/col)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]