KPU Bantah Perusakan Kotak Suara oleh KPPS Lintau Buo


Jumat, 15 Januari 2016 - 03:29:47 WIB

JAKARTA, HALUAN — Perusakan kotak suara oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang terjadi di Kecamatan Lintabuo, Kabupaten Tanah Datar, tidak pernah terjadi.

Bantahan tersebut di­sam­­paikan oleh KPU Ka­bu­paten Tanah Datar selaku ter­mohon dalam sidang PHP Nomor 76/PHP.BUP-XIV/2016 pada Kamis (14/1) di Ruang Sidang Panel I MK.

“Hal tersebut tidak per­nah terjadi, kegiatan reka­pitulasi penghitungan suara di Kecamatan Lintabuo berjalan aman dan lancar tanpa keberatan dari semua saksi pasangan calon yang hadir,” ujar Sudi Prayitno selaku kuasa termohon di hadapan Majelis Hakim yang dipimpin oleh Ketua MK Arief Hidayat. 

Sementara, terkait de­ngan keberatan pemohon ter­hadap status terpidana Ca­lon Bu­pati Irdinansyah Tar­mizi, ter­mohon ber­pen­da­pat hal ter­sebut tidak ber­landaskan hukum. Ter­mo­hon menilai status ter­pi­da­na tidak meng­halangi sese­orang untuk men­jadi kepala da­erah.

“Yang bersangkutan ju­ga telah menyerahkan surat pernyataan tidak pernah dipidana penjara berda­sarkan putusan yang telah berkekuatan hukum tetap dan surat keterangan tidak pernah dijatuhi pidana pen­jara berdasarkan putusan pengadilan yang telah ber­kekuatan hukum tetap dari Pengadilan Negeri Batu Sangkar,” papar Sudi me­nanggapi dalil permohonan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar Edi Arman-Taufiq Idris tersebut.

Pengurangan Suara

Dalam sidang dengan mendengarkan jawaban ter­mohon pada Kamis (14/1), tidak hanya KPU Tanah Datar yang harus memberi jawasabn, sejumlah KPU di daerah lain juga berada dalam agenda yang sama.  Seperti, dalam sidang kedua ini, KPU Musi Rawas sela­ku termohon membantah semua dalil pemohon yaitu pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas Ratna Machmud-M.Zabur Nawawi. Termohon mem­bantah hilangnya suara pe­mohon sebesar 5.437 suara. Namun termohon menga­kui memang ada keberatan pemohon.

“Saksi Pasangan Calon Nomor Urut 2 keberatan terhadap hasil tersebut dan meminta agar dicocokkan dengan Model DA-KWK Plano dan DA-1 KWK Pla­no. Sehingga termohon me­ngam­bil kotak suara yang berisi model DA-KWK Pla­no dan DA-1 KWK Plano. Akan tetapi, setelah kotak dibuka tidak ada Model KWK Plano dan DA-1 KWK Plano di dalam kotak suara tersebut. Sehingga para saksi dan Panwaslih Kabupaten Musirawas sepa­kat untuk berpedoman pada for­mulir Model DAA KWK milik Panwaslih Ka­bu­paten Musirawas,” terang Yudi Wahyudi selaku kuasa termohon.

Dalam sidang tersebut, juga didengar jawaban ter­mohon, pihak terkait dan pihak pemberi keterangan perkara yang dimohonkan oleh Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Andi Djamiruddin-Cha­nisius Kuan (Perkara 145/PHP.BUP-XIV/2016) serta Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan-Andi As­wad (Perkara 132/PHP.­BUP-XIV/2016. (h/rel/eni)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 15 Juli 2019 - 21:15:10 WIB

    Anggaran KPU dan Bawaslu Sumbar Akan Diakomodir 

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar mulai merancang Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2020. Sejumlah poin strategis masuk dalam komposi.
  • Rabu, 22 Mei 2019 - 23:49:53 WIB

    Tuntut Pelaksanaan Pemilu Jurdil, KAMMI Unjuk Rasa di Depan Gedung KPU Sumbar

    Tuntut Pelaksanaan Pemilu Jurdil, KAMMI Unjuk Rasa di Depan Gedung KPU Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM --Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) berunjuk rasa ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar. KAMMI menuntut demokrasi Jujur dan adil (Jurdil)..
  • Kamis, 16 Mei 2019 - 13:43:17 WIB

    Jelang Pengunguman KPU, Polisi Sumbar Dikerahkan ke Jakarta

    Jelang Pengunguman KPU, Polisi Sumbar Dikerahkan ke Jakarta PADANG, HARIANHALUAN.COM – Polda Sumbar mengerahkan 500 personel Brimob dan Sabhara untuk ikut mengamankan Jakarta menjelang pengumuman resmi hasil rekapitulasi KPU pada 22 Mei 2019. Ratusan personel tersebut terdiri dari 4.
  • Senin, 13 Mei 2019 - 14:09:19 WIB

    KPU Sawahlunto Umumkan Pemenang Lomba Selfie Pemilu

    KPU Sawahlunto Umumkan Pemenang Lomba Selfie Pemilu SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto menetapkan sebanyak 12 orang pemenang lomba foto selfie lomba selfie Pemilu 2019 yang digelar pada 17 April lalu. KPU Sawahlunto menetapkan masing mas.
  • Senin, 22 April 2019 - 12:04:17 WIB

    Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Gudang KPU di Sumbar

    Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Gudang KPU di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM - Polisi belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran yang menghanguskan gudang logistik Pemilu 2019 di Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Penyelidikan menunggu kedatangan tim .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM