Hendra Akan Perkokoh Hubungan Antar Kader

Dualisme Perburuk Hasil Pilkada Golkar di Sumbar


Jumat, 15 Januari 2016 - 03:58:23 WIB
Dualisme Perburuk Hasil Pilkada Golkar di Sumbar Hen­­dra Irwan Rahim.

PADANG, HALUAN—Dualisme yang terjadi pada tubuh Partai Golkar ternyata membawa pengaruh yang cukup besar, tidak terkecuali pada pelaksanaan Pilkada serentak yang telah dilaksanakan 2015.

Jika sebelumnya, saat Pi­leg 2014, Golkar berhasil me­nempatkan kadernya men­­jadi Ketua DPRD un­tuk 14 daerah dari 19 kabu­pa­ten dan kota ditambah pro­vinsi, tidak demikian pa­da pelaksanaan Pilkada se­rentak di 13  daerah di­tam­bah provinsi pada 9 Desem­ber lalu. Golkar ha­nya me­raih kemenangan di lima daerah melalui calon yang diusung dan didu­kung­nya.

Ketua DPD Partai Gol­kar periode 2016-2020 Hen­­dra Irwan Rahim me­nye­butkan, hasil Pilkada serentak 2015 baik di ting­kat provinsi maupun kabu­paten kota memang tidak terduga karena Golkar ha­nya meraih kemenangan di Kabupaten Tanah Datar, Kabu­paten Sijunjung, Kabu­pa­ten Padang Pariaman dan me­raih kemenangan me­lalui calon yang didukung pada Kabupaten Agam dan Kota Solok. Artinya, dari 8 calon kepala daerah yang diusung Golkar dan 5 da­erah yang didukung Golkar dalam Pilkada, hanya me­ra­ih kemenangan di 5 da­erah.

“Kemudian ada tiga da­erah yang masuk ke Mah­kamah Konstitusi (MK) yakni, Kabupaten Solok Selatan, Pasaman, dan Ka­bu­paten Solok. Kami masih menanti keputusannya. Di tiga daerah ini, Golkar me­nem­patkan kader terbaik­nya,“ ujarnya, Kamis (14/1).

Adanya dualisme kepe­ngurusan membuat Golkar tidak bisa memberi duku­ngan sepenuhnya terhadap kader. Terbukti, di 14 Pilka­da beserta Pilgub 2015, Golkar menjadi partai pen­du­kung untuk Calon Bupati dan Wakil Bupati Solok Desra Ediwan-Bachtul, men­jadi pendukung untuk kadernya sendiri di Solok Selatan yaitu pasangan Ka­hi­runas-Edi Susanto, pen­du­kung untuk pasangan Indra Catri-Trinda Farhan Satria di Agam, pendukung pasangan Zul Elfian-Reiner di Kota Solok, dan terakhir pendukung untuk calon gu­ber­nur Muslim Kasim-Fau­zi Bahar. Tidak adanya ke­sepekatan dua kubu Gol­kar yang bersebelahan, mem­buat lima pasang calon ke­pala daerah ini tidak mam­pu mengantongi SK du­kungan dari Partai Gol­kar.

Melihat hasil Pilkada 2015 ini dan hasil evaluasi Par­tai Golkar, ke depan pihaknya akan merapatkan barisan dan akan menyusun kekuatan yang diharapkan bisa diperjuangkan kembali pada pemilu yang akan da­tang. Selain itu, pihaknya juga akan memperjuangkan kembali kebangkitan Gol­kar untuk memenangkan Pemilu 2019, tentunya de­ngan cara mengkokohkan hubungan antar kader untuk memperkuat Partai Golkar ke depannya.

Terkait dualiseme yang pernah terjadi pada tubuh Partai Berlambang Beringin ini, menurutnya sangat mem­berikan pengaruh yang ting­gi pada Golkar, dan me­mecah konsentrasi Gol­kar.

“Awal mula pecahnya Partai Golkar ini kan pada saat Pilkada serentak kema­rin, nah hal ini sangat ber­pe­ngaruh bagi partai sen­diri,” ulasnya.

Untuk itu, ke depan pihaknya mempersiapkan sebagaimana dengan moto “Suara Rakyat Adalah Sua­ra Golkar” ini bisa terlak­sana di daerah. Hendra me­ng­imbau untuk seluruh ang­gota DPRD kabupaten kota maupun provinsi termasuk juga pusat agar selalu berada ditengah-tengah masya­ra­kat. (h/rin)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Oktober 2016 - 02:43:38 WIB
    OPTIMIS MASUK TIGA BESAR PEMILU 2019

    Hariadi: Tidak Ada Lagi Dualisme di PPP

    Hariadi: Tidak Ada Lagi Dualisme di PPP PADANG, HALUAN — Ketua De­wan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sumbar H. Hariadi BE mene­gaskan saat ini tidak ada lagi dua­lisme di tubh PPP. Semua sudah menjadi satu. Dengan begitu, Hariadi o.
  • Ahad, 10 Mei 2015 - 19:09:37 WIB

    PPP Sumbar Bantah Dualisme Kepengurusan

    PERBEDAAN PANDANGAN PICU PERPECAHAN

    PADANG, HALUAN — Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sumbar, Martias Tanjung, membantah adanya dualis­me kepengurusan (dua.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]