Ford Gunakan Drone untuk Survei Daerah Bencana


Sabtu, 16 Januari 2016 - 02:55:49 WIB
Ford Gunakan Drone untuk Survei Daerah Bencana

JAKARTA, HALUAN — Per­kembangan dunia tek­nologi yang begitu pesat, memang tidak dapat tere­lakkan. Baru-baru ini, Ford melakukan kerja sama de­ngan DJI Drone, untuk memenuhi tantangan bagai­mana caranya Drone dapat berfungsi bagi kendaraan.

Kerja sama keduanya dirancang untuk membuat sistem survei area bencana. Hal ini merupakan bagian dari program pembangunan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Para peserta ditantang merancang sistem komu­nikasi Drone untuk kenda­raan, baik menggunakan Ford SYNC AppLink atau OpenXC. Pada dasarnya, tujuan utama dari sistem ini adalah membuat perangkat lunak yang memungkinkan responden pertama untuk menggerakkan sebuah F-150 ke zona darurat dan kemudian menyebarkan drone menggunakan sistem infotainment SYNC 3.

Drone tersebut kemu­dian akan melakukan perja­la­nan ke daerah-daerah dan mengam­bil gambar untuk mendo­kumentasikan keru­sakan dan mengidentifikasi korban.

“Kami ingin selalui beri­novasi terhadap bisnis un­tuk membangun kehidupan masyarakat yang lebih baik. Bekerja dengan DJI dan PBB, merupakan kesem­patan untuk melakukan se­buah perubahan besar pada kendaraan dan kami bekerja sama dengan drone untuk menciptakan kebaikan ber­sama,” ujar Wakil Presiden Ford Research dan Ad­vanced Engineering, Ken Washington, baru-baru ini.

Idealnya, sistem ini akan dipasangkan dengan smartphone dari pe­nge­mudi. Sehingga data dari pesawat tak berawak terse­but dapat disebarkan kepa­da responden lainnya secara real-time.

Jika hal ini dapat di­produksi secara massal dan masuk ke Indonesia tentu saja hal ini juga dapat mem­bantu pengemudi untuk memilih jalan laternatif guna menghindari ke­ma­cetan. (h/trn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Januari 2016 - 04:04:55 WIB
    FMI Hengkang dari Indonesia

    Ford Sumbar Layani Konsumen Sampai Akhir Tahun

    PADANG, HALUAN — Diler Ford Sumbar di bawah PT Alfa Auto Mandiri memberikan penjelasan kepada pengguna mobil Ford di Sumbar, pascapernyataan Managing Director Meski Ford Motor Indonesia (FMI), Bagus Susanto pada 25 Januar.
  • Selasa, 26 Januari 2016 - 03:25:42 WIB

    Ford Nyatakan Berhenti Beroperasi di Indonesia

    JAKARTA, HALUAN — Ford Motor Indonesia (FMI) resmi angkat kaki dari pasar otomotif dalam negeri. Managing Director FMI, Bagus Susanto menjelaskan, seluruh kegiatan penjualan dan impor kendaraan mulai paruh kedua tahun ini, .
  • Kamis, 21 Januari 2016 - 03:21:38 WIB

    Ford Everest Baru Tinggalkan Kompetitor Lama

    Ford Everest Baru Tinggalkan Kompetitor Lama PADANG, HALUAN — Ford kembali menghadirkan generasi terbaru Everest yang jauh lebih baik dari versi sebelumnya ke pasar otomotif tanah air. Bahkan, kini All-New Ford Everest naik kelas meninggalkan kompetitor lamanya, yakni.
  • Kamis, 31 Desember 2015 - 04:01:43 WIB

    Ford Ranger Raih Pick-up Truck of the Year

    Ford Ranger Raih Pick-up Truck of the Year MALAYSIA, HALUAN — New Ford Ran­ger yang mendefinisikan kelasnya meraih skor tertinggi dari dewan juri Malaysia dan Thailand pada acara perdana penghargaan Asean Car of the Year (ACOTY) tahun 2015 yang diseleng­gara­kan.
  • Senin, 28 Desember 2015 - 03:00:40 WIB

    Ford Raih AutoBild Customer Satisfaction

    Ford Raih AutoBild Customer Satisfaction JAKARTA, HALUAN — Ford Motor Indonesia men­duduki peringkat teratas dalam hal value-for-money di survey tingkat kepuasan pelanggan AutoBild Customer Satisfaction Survey 2015. Survey yang dilangsungkan selama bulan Maret hi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM