Polemik Oknum Kepala Sekolah Tak Dukung Atlet Berprestasi

KONI Pasaman: Harus Dicarikan Solusi Secara Bersama


Sabtu, 16 Januari 2016 - 03:00:13 WIB
KONI Pasaman: Harus Dicarikan Solusi Secara Bersama

PASAMAN, HALUAN — Ada oknum kepala se­ko­lah di Pasaman yang tidak men­dukung penuh prestasi atlet cabang olahraga yang mam­pu menorehkan pres­tasi bagi ranah Pasaman. Hal itu akan berdampak pada pe­ning­katan prestasi yang telah dibangun se­belumnya.

Hal tersebut terungkap dalam rapat internal pe­ngu­rus Koni Pasaman beserta pengcab olahraga Pasaman Rabu (13/1).

Ketua Pengurus Cabang Olahraga Taekwondo Pasa­man, Riki Riswandi mengu­ng­kapkan, memang sangat dilematis jika komunikasi yang baik antara semua pihak tidak dibangun.

Ia mencontohkan, per­nah oknum kepala sekolah tersebut membuat opsi me­milih olahraga atau sekolah, kepada siswanya yang nota­bene atlet yang telah ber­pres­tasi. Akhirnya terpaksa dilakukan intervensi, apa­kah yang bersangkutan ma­sih bertahan sebagai kepala sekolah atau dimutasikan. Dengan jalan itu, baru bisa diberikan ijin untuk mengi­kuti turnamen tingkat pro­vinsi demi membela nama Kabupaten Pasaman.

“Di sisi lain, kami me­ngakui atlet yang masih duduk di bangku sekolah kadang kala banyak pel­a­ja­ran yang tinggal jika me­ngi­kuti turnamen. Akirnya kami yang berhadapan de­ngan orangtua atlet itu sen­diri,” ujarnya.

Senada dengan Riki, Hanafi Boer, dewan ke­hormatan Koni Pasaman menyebutkan, semasa aktif sebagai kepala sekolah, ia tak pernah menyulitkan siswa yang membela daerah dan  selalu mendukung.

“Termasuk masalah ni­lai ujian, tak pernah saya berikan nilai rendah, karena mereka adalah duta olah­raga yang berprestasi. Sa­ngat disayangkan jika ada kepala sekolah yang tidak mendukung siswanya yang berprestasi. Justru me­re­ka­lah yang diberikan per­hati­an lebih, apalagi jelas me­reka berjuang membela na­ma daerah.

Ke depannya, harus dibangun komunikasi untuk memecahkan per­soalan tersebut” tuturnya.

Ia menambahkan, ca­bang olahraga taekwondo Pasaman telah banyak me­m­berikan kontribusi pres­tasi bagi daerah itu, apalagi para atletnya adalah putra asli daerah itu. (h/tos)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]