Musim Durian, Nagari Kubang Gelar Syukuran


Selasa, 19 Januari 2016 - 03:19:13 WIB
Musim Durian, Nagari Kubang Gelar Syukuran SYUKURAN makan durian bersama Anak Nagari Kubang. (HUMAS)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Forum Komunikasi Anak Nagari Kubang Kota Sa­wahlunto menggelar syuku­ran, atas musim durian yang memberikan berkah bagi masyarakat Nagari Kubang, dalam beberapa waktu ter­akhir.

Syukuran berupa makan durian bersama itu, meny­u­guhkan ratusan buah durian, yang diikuti masyarakat anak Nagari Kubang ber­sama Pemerintah Kota Sa­wah­lunto, di Lapangan Se­pakbola Batu Gantuang, Dusun Luak Manih Desa Kubang Tangah, Senin (18/1).

“Syukuran dengan ma­kan durian bersama ini, sebagai bentuk untuk mem­bangun silaturrahmi antar anak nagari, masyarakat, dan pemerintah,” ujar Ke­tua Forum Komunikasi Anak Nagari Kubang, Nova Hendra kepada Haluan.

Bersama sekretarisnya Suherti, Nova meng­ungkap­kan, meski musim durian kali ini tidak  menghasilkan buah yang maksimal yang diperangaruhi cuaca, namun dari hasil produksi durian, masih memberikan dampak positif terhadap pere­kono­mian masyarakat Kubang.

Menurut Nova dan Su­herti, rata-rata setiap kepala keluarga anak Nagari Ku­bang memiliki minimal satu pohon durian, yang telah ada turun temurun, se­men­jak nenek moyang setiap keluarga itu sendiri.

Nama durian Kubang sendiri, terbilang sangat bersinar. Pasalnya, rasa durian Kubang yang khas tersebut, kian menarik de­ngan tebalnya daging durian itu sendiri. Agaknya hal itu juga yang menjadi nama durian Kubang diman­faat­kan pedagang durian dari luar Sawahlunto.

Kawasan persimpangan menuju Nagari Kubang di­man­faatkan para pedagang dari luar daerah, sebagai tempat berjualan durian. Seolah, durian yang dijual dari luar Kubang itu, me­rupakan durian Kubang.

Sehingga, sangat acap penikmat durian menjadi terkecoh akibat ulah para pedagang durian yang se­ngaja datang dari luar Ku­bang tersebut. “Bagi kami sebenarnya tidak menjadi masalah. Sebab, pembeli tentu mengetahui mana durian Kubang dan mana durian dari luar,” ungkap Hendra.

Sementara itu, Ketua Kerapatan Adat Nagari Ku­bang Sawahlunto, Edrizon Effendi meminta bantuan pelebaran jalan jalur Pasar Kubang menuju Pasar Si­lungkang, yang terbilang sempit dan sedikit curam.

Menanggapi hal itu, Wa­likota Sawahlunto Ali Yusuf, yang hadir bersama wakil Walikota Ismed dan kepala SKPD mengatakan, rencana pelebaran ruas Pasar Ku­bang menuju Pasar Silung­kang telah masuk APBD Sawahlunto 2016.

Walikota mengha­rap­kan, masyarakat Kubang dan Silungkang untuk men­dukung program pemba­ngunan tersebut. Terkhusus terkait dengan tidak adanya ganti rugi untuk tanah. Se­dangkan untuk bangunan dan tanaman, disesuai de­ngan regulasi yang ada.

Ali Yusuf juga meng­ungkapkan, Dana Desa Ku­bang Tangah yang mencapai angka Rp2,4 miliar, diha­rapkan bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Hal-hal yang bisa diakomodir dengan dana desa, kerjakan langsung dengan APBDes tersebut.

“Pembangunan yang ke­cil jangan menunggu dari kota. Ambil inisiatif, lang­sung bertindak,” ujar Bapak tiga anak itu.

Terkait durian Kubang yang telah memiliki nama, Walikota Ali Yusuf meminta agar durian khas tersebut, ditanam di Taman Buah Kandih, dengan tanah yang langsung dibawa dari Ku­bang.(h/dil)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 10 Desember 2018 - 08:45:28 WIB

    Musim Buah Sawo, Warga Sungai Geringging Panen Raya

    Musim Buah Sawo, Warga Sungai Geringging Panen Raya PADANGPARIAMAN, HALUAN -- Memasuki minggu kedua di Desember ini, sejumlah warga di Sungai Geringging yang memiliki tanaman sawo, melakukan panen buah sawo. Menariknya, buah sawo yang dipanen musim ini merupakan buah terbanyak.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM