Tahun Ini

11 Unit Puskesmas Akan Diperbaiki


Rabu, 20 Januari 2016 - 03:38:01 WIB

Agam, Haluan — Pemerintah Kabu­paten (Pemkab) Agam, Sumatera Barat, memperbaikan berbagai sarana dan pra­sarana 11 unit Puskesmas dan Pustu yang berada pada delapan kecamatan pada 2016.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, dr. Indra didampingi Kepala Bidang Jamsarkes Riyanti di Lubuk Basung, Senin, mengatakan, ke 11 unit Puskesmas dan Pustu tersebut yakni, Puskesmas Pakan Kamis Kecamatan Tilatang Kamang, Pus­kesmas Bawan Kecamatan Ampek Nagari, Puskesmas Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung, Puskesmas Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara dan Puskesmas Pasar Ahad Kecamatan Tanjung Raya.

Puskesmas Palembayan Kecamatan Palembayan, Pustu Cancan Tinggi Keca­matan Tanjung Mutiara, Pustu Kampung Pisang Kecamatan Ampek Koto, Pustu Koto Gadang Kecamatan Baso. Kemudian, Pustu Rimbo Jua dan Pustu Anak Aia Kasiang Kecamatan Ampek Nagari.

Ia menjelaskan, perbaikan ini meng­gunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pemerintah pusat sebesar Rp6,9 milyar untuk lima Puskesmas yakni, Pus­kesmas Pakan Kamis Kecamatan Tilatang Kamang, Puskesmas Bawan Kecamatan Ampek Nagari, Puskesmas Lubuk Basung Kecamatan Lubuk Basung, Puskesmas Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara dan Puskesmas Pasar Ahad Kecamatan Tanjung Raya.

Selain itu, Dana Alokasi Umum (DAU) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Agam sebesar Rp800 juta untuk Puskesmas Palembayan Ke­camatan Palembayan, Pustu Cancan Tinggi Kecamatan Tanjung Mutiara, Pustu Kam­pung Pisang Kecamatan Ampek Koto, Pustu Koto Gadang Kecamatan Baso. Kemudian, Pustu Rimbo Jua dan Pustu Anak Aia Kasiang Kecamatan Ampek Nagari.

“Untuk rehab dan penambahan ruangan Puskesmas dari DAK dan DAU keseluruhan sebesar Rp8,4 milyar. Ini merupakan kegiatan pengadaan peningkatan, perbaikan sarana, prasarana Puskesmas dan jaringan pada 2016,” katanya. Perbaikan dan penam­bahan ruangan Puskesmas difokuskan pada bangunan yang tidak layak dan perlu perbaikan segera.. (h/amc)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]