Tiga Juta Bibit Ikan Diberikan Gratis Pada Masyarakat


Rabu, 20 Januari 2016 - 03:39:08 WIB

Agam, Haluan — Pemerintah Kabupaten Agam menargetkan produksi bibit ikan pada tahun 2016 pada dua BBI di Agam sebanyak tiga juta ekor.

Dari produksi tersebut nantinya diberikan kepada masyarakat secara gratis untuk mengisi Bandar, lubuk larangan maupun kolam masyarakat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Agam, Ermanto, melalui Ka­bid Budidaya Rosva Deswira Selasa, mengatakan, produksi pada BBI Lubuk Basung, dan BBI Gumarang Kecamatan Palembayan ditargetkan bisa mencapai tiga juta. Bibit ter­sebut akan disalurkan kepada masyarakat.

“Masyarakat bisa men­dapatkan bibit ikan melalui DKP untuk mengisi lubuk larangan, Bandar, serta k­o­lam-kolam mesjid, dimana hasilnya bisa dinikmati untuk kepentingan masyarakat. Ban­tuan bibit ikan tersebut bisa didapatkan dengan menga­jukan proposal, kepada DKP,” katanya.

Dikatakannya pada dua BBI tersebut setidaknya mem­produksi sejumlah jenis bibit ikan yang telah memiliki ser­tifikat dari Kementerian Ke­lautan dan Perikanan  antara lain nila gesik, nila nirwana, nila sutana dan mas.

Pemerintah Kabupaten Agam sangat serius dalam mewujudkan Agam me­nye­mai. Pada 2015 dua unit BBI ini berhasil memproduksi sekitar dua juta bibit ikan, dan bibit tersebut telah diserahkan kepada masyarakat. “ Melalui Agam menyemai pemerintah turut mendorong perekono­mian masyarakat,” ungkap­nya.

Selain pada dua BBI terse­but produksi bibit ikan juga dilakukan pada lebih kurang 429 Unit Pembibitan Rakyat (UPR). Hasilnya nanti diper­untukan bagi kebutuhan bibit pada 16 kecamatan Kabu­paten Agam dan untuk meme­nuhi permintaan dari luar.

“Selain untuk memenuhi kebutuhan petani ikan di 16 kecamatan di Agam, pe­ma­saran bibit ikan juga dilakukan sampai seperti Pasaman, Pasa­man Barat, Dharmasraya, Pesisir Selatan, Solok Selatan, Provinsi Sumatera Utara,” ungkapnya. (h/yat)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]